oleh

Bupati Salurkan BLT Dana Desa di Kecamatan Jalancagak

SUBANG-Bupati Subang H Ruhimat yang biasa disapa Kang Jimat, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Kecamatan Jalancagak.
Kang Jimat didampingi Asda I Asep Nuroni, SIP, M.Si dan Kadispemdes Drs. H Nana Mulyana, M.Si., serta Muspika Kecamatan Jalancagak mengantarkan langsung ke rumah penerima manfaat di tiga desa, yaitu Desa Bunihayu, Jalancagak dan Kumpay Kecamatan Jalancagak, Rabu (24/6).
Kang Jimat dalam sambutannya merasa bangga dapat bersilaturahmi dengan warga masyarakat Bunihayu, Jalancagak dan Kumpay, mengingat setelah dilantik baru pada saat ini bisa berkunjung ke Desa Bunihayu. Kang jimat dalam amanatnya menitipkan agar masyarakat yang menerima BLT baik dari DD maupun dari pintu yang lainnya untuk memperhatikan kewajibannya untuk membayar PBB.
Baca Juga: Pemdes Cigugur Salurkan BLT Dana Desa ke 109 KK
Terkait PBB, Kang Jimat menyampaikan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), adalah dari sektor pajak. Salah satunya adalah pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan.

Kepala desa harus pantau langsung

“Untuk mencapai targetan itu, saya meminta kepala desa agar memantau langsung perkembangan dan terus berkoordinasi dengan para petugas kolektor penagih PBB,” kata Kang Jimat.
Mengenai bantuan, Kang Jimat berharap semoga bantuan yang disalurkan memberikan manfaat untuk masyarakat. Sepanjang jalan Kang Jimat menyapa warga baik di Desa Bunihayu, Jalancagak, Kumpay.
Kang Jimat mengingatkan kepada warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, upaya pencegahan dalam Covid-19, lebih baik mencegah dibanding mengobati.
“Protokol kesehatan yang wajib dan perlu menjadi kebiasaan masyarakat Subang adalah penggunaan masker, sering mencuci tangan, dan wajib menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain saat beraktivitas di luar rumah. Semoga masyarakat selalu sehat, kalau ke pasar tetap memakai masker untuk menjalankan protokol kesehatan,” kata Bupati Ruhimat.

Dari tahap 1 tidak ada masalah

Kepala Desa Bunihayu Mustopa Kamal menyampaikan penyaluran BLT DD Desa Bunihayu yang ke 2, perjalanan dari tahap ke 1 tidak ada permasalahan atau aman. Sebagai informasi Jumlah KK yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial sebanyak 2.615, yang mendapatkan bantuan sebanyak 2.215 KK.
“Dari Sumber pintu bantuan BLT DD setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing masing menerima senilai Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan. Kepala Desa Bunihayu menyampaikan perolehan PBB Bunihayu sudah sampai 34 persen dan akan segera diupayakan untuk dilunasi sebelum tengat waktu,” katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Jalancagak Indra Jaenal Alim mengucapkan terima kasi kepada Kang Jimat Bupati Subang atas kunjungannya. Hal tersebut menjadi motivasi untuk masyarakat yang nantinya akan mengikuti lomba Lembur Tohaga tingkat nasional mewakili Polda Jabar.
Mengenai bantuan untuk masyarakat, Indra menuturkan ada beberapa pintu bantuan untuk masyarakat Desa Jalancagak. “Antara lain, dari BPNT sebanyak 520 KK, dari PKH sebanyak 314 KK, Bansos Kabupaten sebanyak 90 KK, Bansos Provisi I sebanyak 180 KK, Bansos Provisi II sebanyak 1.187 KK, Kemensos I sebanyak 809 KK, Kemensos Susulan sebanyak 114 KK, Gasibu sebanyak 300 KK dan dari perusahaan di wilayah Jalancagak sebanyak 1.000 KK,” paparnya.(vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *