Menimbang Platform dalam Pembelajaran Daring

0 Komentar

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat digunakan baik dengan layanan aplikasi web ataupun sistem android dan ios. Dapat menampung peserta bahkan lebih dari 100 peserta, dapat berbagi file, foto, video secara langsung serta latar belakang virtual yang dapat diatur secara bebas oleh pengguna zoom. Sedangkan kelemahan dari aplikasi zoom ini sendiri yaitu adanya batas waktu yang dapat digunakan serta sempat beredar peretasan data pengguna zoom.
Beruntungnya hal tersebut tidak terjadi pada zoom premium atau yang berbayar sehingga tidak semua orang dapat bergabung di ruang zoom. Untuk kejernihan dan kualitas dari video dan audio zoom sendiri bergantung pada sinyal internet yang digunakan. Semakin kuat sinyal internet maka akan semakin jernih pula kualitas tampilan yang ada.
Google Meet
Serupa dengan aplikasi zoom, platform Google Meet juga menyuguhkan pengalaman pembelajaran secara jarak jauh secara online. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat digunakan baik dengan layanan aplikasi web ataupun sistem android dan ios. Dapat menampung peserta bahkan lebih dari 100 peserta, dapat berbagi file, foto, video secara langsung.
Perbedaannya dengan aplikasi zoom ialah disini kita tidak bisa merubah latar belakang seperti yang ada di platform zoom. Sedangkan kelemahan dari aplikasi google meet ini sendiri yaitu batas peserta sekitar 254 peserta. Tidak ada batas waktu seperti pada aplikasi zoom. Untuk kejernihan dan kualitas dari video dan audio google meet sendiri bergantung pada sinyal internet yang digunakan. Semakin kuat sinyal internet maka akan semakin jernih pula kualitas tampilan yang ada.
Schoology
Berbeda dengan kedua platform di atas, aplikasi schoology tidak dapat digunakan untuk bertatap muka secara online. Disini sebagai ruang untuk dosen berbagi materi perkuliahan, dan mahasiswa dapat mengaksesnya kapan pun bahkan mendownloadnya. Sedangkan di kedua platform di atas digunakan sebagai ruang dosen untuk menjelaskan materi. Platform ini unggul dalam managemen kelas.
Kelebihan aplikasi ini ialah kita dapat berdiskusi secara online saling berbalas komentar, mengunduh materi pembelajaran serta mengerjakan quis ataupun soal-soal ujian. Kelemahan aplikasi ini adalah adanya batasan ruang kelas jadi apabila sudah penuh kita tidak bisa menambahkan kelas baru lagi, kestabilan sinyal internet pun jaga diperlukan saat mengakases aplikasi schoology.

0 Komentar