Menimbang Platform dalam Pembelajaran Daring

0 Komentar

Oleh
1.Drs.Priyono,MSi(Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
2.Siti Nur Aisah( Mahasiswi smt 3 F.Geografi UMS)

Proses kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung antara mahasiswa dan dosen, kini harus beralih menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau yang biasa kita kenal dengan istilah “Pembelajaran Daring”.
Selama Pandemi Covid-19 hampir seluruh instansi pendidikan ditutup guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Bahkan sampai detik ini masih banyak sekolah serta perguruan tinggi yang masih melaksanakan pembelajaran secara daring.
Beberapa sekolah yang terletak di zona hijau sudah diperbolehkan melaksanakan pembelajaran secara tatap muka langsung, akan tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan yaitu peserta yang datang wajib memakai masker serta dalam kondisi kesehatan yang baik.
Terlepas dari perubahan proses belajar mengajar, sistem penerimaan mahasiswa baru(maru) yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta pun juga beralih menjadi sistem online. Tidak tahu pasti sampai kapan sistem online tersebut dilaksanakan.
Bagi UMS, system yang diterapkan untuk menjaring maru tidak banyak berpengaruh karena factor kepercayaan dan nama perguruan tinggi, akan tetapi untuk prodi tertentu ternyata cukup berpengaruh karena sampai saat ini ada yang belum mencapai kuota.
Di Indonesia sendiri jumlah kasus positif virus corona terus mengalami peningkatan setiap harinya. Nampaknya hal tersebut masih terus berlanjut mengingat semakin penyebaran virus corona yang semakin luas. Kondisi tersebut memaksa pemerintah untuk terus sigap dan memiliki kesiapan akan kondisi terburuk termasuk di dunia pendidikan.
Solusi pertama yang dilakukan agar roda pendidikan tetap berjalan dengan lancar yaitu diubahnya sistem pendidikan jarak jauh menggunakan platform pembelajaran online seperti yang sudah berjalan kurang lebih selama 4 bulan terakhir. Namun, nampaknya perlu dilakukannya kajian ulang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran daring, termasuk juga terkait dengan platform yang digunakan apakah sudah menunjang pembelajaran daring atau belum. Platform pembelajaran daring yang biasa digunakan diantaranya :
Zoom
Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling diminati untuk pembelajaran online. Tidak hanya itu saja aplikasi ini seringkali digunakan sebagai platform untuk rapat secara virtual ataupun sekedar ruang untuk silaturahmi dengan sanak saudara yang tidak dapat berkumpul secara langsung akibat pandemi virus corona.

0 Komentar