Menimbang Platform dalam Pembelajaran Daring

0 Komentar

Google Class Room
Salah satu produk goolge yang turut serta mendukung perkuliahan online yaitu google class room. Modelnya hampir sama dengan schoology dimana tidak dapat digunakan untuk bertatap muka secara online. Disini sebagai ruang untuk dosen berbagi materi perkuliahan, dan mahasiswa dapat mengaksesnya kapan pun bahkan mendownloadnya.
Kelebihan aplikasi ini pun serupa dengan aplikasi schoology, kita dapat mengkases materi perkuliahan kapanpun dan dimanapun, berdiskusi secara online saling berbalas komentar, dosen juga dpat memberikan kuis ataupun soal-soal ujian melalui platform tersebut.
Open learning
Ini platform yang lebih komplit fiturnya tapi agak rumit meskipun berbayarnya lebih murah dibanding schoology. UMS merekomendasikan open learning meskipun semula platform schoology juga dibakukan tetapi karena masalah teknis, nampaknya lebih ke open learning.
Setiap platform pembelajaran daring pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua dapat digunakan sesuai kebutuhan. Setiap perkuliahan daring yang sudah dilaksanakan tentulah harus terus dipantau dan dilakukan evaluasi agar proses transfer ilmu dapat dilakukan secara maksimal meskipun dilakukan secara jarak jauh. Yang lebih penting lagi adalah mengajar harus berbasis mendidik dan memberi pemahaman materi yang mudah diterima dengan berbagai media pembelajaran. Setiap penggunaan platform harus dievaluasi efektivitasnya agar proses pembelajaran dapat dinilai hasilnya.(*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar