Kisah Kolonel Paul yang Menjatuhkan Bom di Langit Hiroshima: Saya Tidur Nyenyak Tiap Malam

Kisah Kolonel Paul yang Menjatuhkan Bom di Langit Hiroshima: Saya Tidur Nyenyak Tiap Malam
Kolonel Paul Tibbets yang menjatukan bom atom di atas langit Hiroshima, Jepang.
0 Komentar

Beberapa minggu kemudian, Tibbets menerbangkan Komandan Tertinggi Sekutu dan calon presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower ke lokasi yang sama. Setelah terbang lebih dari 40 misi tempur, Tibbets terpilih untuk kembali ke AS pada tahun 1943.

Pada bulan September 1944, Tibbets diberi pengarahan tentang Proyek Manhattan (penelitian dan pengembangan bom atom) dan misi yang ada di hadapannya.

Setelah ditempatkan bertanggung jawab atas Grup Komposit ke-509, sebuah unit yang ditugaskan untuk penyebaran operasional senjata nuklir, Tibbets bekerja dalam merancang ulang Superfortress secara rahasia untuk membawa muatan 10.000 pon.

Baca Juga:Keren! Ini Jabatan Baru Sri Mulyani, Kelas DuniaForum Bumdes dan bank bjb Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir ke Legonkulon

Setelah berbulan-bulan pengujian, pada akhir Mei 1945, Grup Komposit ke-509 dikirim ke Pulau Tinian untuk menunggu perintah akhir.

Sementara kita tahu apa yang terjadi selanjutnya, hanya sedikit yang menyadari bahkan sampai hari ini seberapa dekat dunia menyaksikan ledakan nuklir ketiga di wilayah Jepang.

“Setelah dua bom pertama dijatuhkan, yaitu Hiroshima dan Nagasaki, Jepang tidak membuat keputusan yang dianggap cukup cepat dalam pikiran orang-orang di Mariana untuk menyerah,” kata Tibbets suatu kali.

Setelah perang, Tibbets tetap di Angkatan Udara sampai pensiun pada tahun 1966 dengan pangkat brigadir jenderal. Bagi banyak orang, dia adalah pahlawan yang menyelamatkan banyak nyawa dengan mencegah invasi darat ke Jepang terus berlanjut.

Namun, bagi yang lain, dia adalah seorang pembunuh, penjahat perang yang bertanggung jawab atas kematian ribuan warga sipil Jepang.

Mengenai apakah ada penyesalan, Tibbets menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 1975 bahwa dia tidur ‘nyenyak setiap malam’. Pada tahun 2007, di usia 92, dia meninggal.(red)

 

Laman:

1 2 3
0 Komentar