oleh

“Kalau Berulang, Artinya Kita Itu Apa Ya, Tidak Cerdas!”

PAMANUKAN-Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin datang langsung ke lokasi banjir Subang di Kecamatan Pamanukan, Jawa Barat pada Sabtu (13/2) lalu. Wapres juga memberikan sejumlah bantuan bagi warga korban terdampak banjir serta Pemerintah Kabupaten subang.

“Mudah-mudaha bencana banjir tahunan di Subang ini tidak berulang-ulang. Kalau berulang, artinya kita itu apa ya, tidak cerdas,” ujar Ma’ruf Amin di Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2)

Ma’ruf Amin juga berbicara bahwa sebagai mukmin, jangan tersengat di satu lubang sebanyak dua kali. Bahkan ia mengatakan dalam istilah Arab, jangan sampai orang mukmin atau beriman, tersengat dua kali di satu lubang. “Dua kali saja tidak boleh, berarti itu kita kurang cerdas. Apalagi berkali-kali (banjir),” ujar Maruf Amin.

Maruf Amin mengajak semua pihak untuk mengatasi dan mengakhiri banjir yang terus berulang dengan bekerja keras bersama baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, masyarakat serta dunia usaha.

Dia mengatakan berdasarkan laporan, banjir yang terjadi di Subang, selain karena curah hujan, juga karena kerusakan lingkungan di wilayah lain sekitar Subang.

Meski begitu, ia mengajak seluruh pihak untuk tetap optimis dan fokus pada pemulihan pasca bencana setelah membangun kembali infrastruktur, budaya masyarakat yang sadar dan tanggap akan banjir.

“Kita harus tetap optimis untuk menatap kedepan pasca kejadian bencana, seperti Perbaikan infrastruktur yang lebih dan aman, serta membangun kembali budaya masyarakat yang sadar akan lingkungan,” tuturnya.(ygi/man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *