Didesak Pindahkan TPA Panembong, Kadis LH: Tak Semudah Pindahkan Tong Sampah

TPA Panembong
0 Komentar

SUBANG-Masyarakat Pecinta Alam Kabupaten Subang, yang terdiri dari beberapa komunitas pecinta alam dan lingkungan di Kabupaten Subang melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Subang, pada Senin (1/3). Dalam aksinya tersebut, mereka menuntut tindakan cepat Pemda Subang untuk memindahkan TPA Panembong, yang semula sudah direncanakan oleh Pemda Subang, tepatnya sejak satu tahun yang lalu.

“Menyikapi permasalahan pasca longsoran sampah TPA Panembong yang masuk ke beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Subang, dan masih juga belum adanya solusi konkret dari pemerintah terkait masalah tersebut,” ungkap Koordinator aksi Lulu Zaenal, saat dikonfirmasi terkait latar belakang digelarnya unjuk rasa tersebut oleh pasundan ekspres di sela-sela aksi.

Dia juga mengungkapkan beberapa permasalahan-permasalahan soal TPA Panembong dalam kesempatan tersebut. Antara lain, tanah seluas 6,5 hektar di TPA Panembong yang sudah melebihi batas dan tidak sanggup lagi menampung sampah.

Baca Juga:PLN Ganti KHM meter yang Rusak karena Banjir, Begini CaranyaSorot Dampak Lingkungan Akibat Pelabuhan Patimban , Ruhimat: Kita Sedang Berusaha

“Disana juga tidak ada kolam lindih pensteril air dari TPA sehingga air yang masuk ke DAS Kabupaten subang tercemar,” tambahnya.

Selain itu persoalan lainnya kata Lulu, yakni tidak berfungsinya mesin timbangan di TPA sehingga tidak bisa mengontrol tonase sampah yang masuk ke TPA Panembong. Belum lagi sampah yang masuk ke DAS akibat longsoran TPA Panembong, menyebabkan sampah tersebut masuk dan menyebar ke lahan pertanian yang dapat mengganggunya unsur hara tanah di lingkungan tersebut.

“Tidak ada cek kesehatan berkala pada masyarakat sekitar TPA Panembong, pemerintah kabupaten Subang yang menyatakan akan memindahkan TPA Panembong pada tahun lalu juga sampai sekarang belum terealisasi, maka dari itu kami menuntut Pemerintah Kabupaten Subang menyelesaikan persoalan-persoalan lingkungan tersebut, khususnya permasalahan TPA Panembong,” tambahnya lagi.

Peserta aksi lain, yang ikut serta dalam unjuk rasa ini juga, Gigin Sujalaga juga menyebut jangan sampai elektabilitas Subang Jawara harus rontok akibat persoalan sampah yang sampai sekarang belum juga ditanggulangi. Dia menyebut Bupati harus segera melakukan langkah konkrit terkait TPA Panembong tersebut.

“TPA Panembong katanya mau dipindahkan sejak tahun kemarin, tapi sampai sekarang masih belum juga. Para pekerja di sana sudah kebingungan kemana lagi mereka harus membuang sampah yang jumlahnya sekarang sudah overload,” ungkapnya.

0 Komentar