Solusi Islam Menghadapi Permasalahan Pendidikan

Solusi Islam Menghadapi Permasalahan Pendidikan
0 Komentar

Negara memiliki sejumlah dana yang memadai bagi kehidupan masyarakat dalam negara, termasuk untuk pendidikan. Hal ini dikarenakan sistem ekonominya dibangun berdasarkan Islam, yang mengharamkan pengelolaan sumber daya milik umum dikelola oleh swasta terlebih asing, tapi harus dikelola oleh negara, hasilnya dikembalikan kepada rakyat.

Tentu beda hal dengan sistem kapitalisme yang kekayaan alamnya dikelola secara kapitalistik sehingga kas negara menjadi minus ditambah beban hutang ribawi. Pemasukan bagi negara yang utama adalah pajak yang menyengsarakan serta sarat dengan tindak korupsi. Situasi seperti ini tentu tidak akan membawa berkah bagi dunia pendidikan. Sudah mahal, tak berkah pula. Padahal yang diharapkan ialah pendidikan yang murah/gratis, berkah dan berkualitas.

Dengan demikian, hanya daulah Islam dengan syariat secara kaffahnya, yang mampu menjamin kebutuhan rakyatnya termasuk pendidikannya orang per orang, bukan hanya sekadar mengejar target pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Fenomena anak putus sekolah tidak akan ditemukan dalam daulah Islam. Inilah keberkahan hidup hasil dari ketundukan manusia kepada aturan Allah SWT.

Wallahu ‘alam bi ash-shawwab.

Laman:

1 2 3
0 Komentar