oleh

Jalin Kerjasama dengan Industri, Politeknik Negeri Subang Jamin Lulusan Siap Kerja

SUBANG-Tidak bisa dipungkiri saat ini persaingan di dunia kerja sangatlah sengit. Berbagai usaha dilakukan oleh setiap institusi pendidikan untuk meluluskan alumninya agar siap menghadapi dunia kerja, tidak terkecuali Politeknik Negeri Subang (POLSUB).

Satu–satunya kampus negeri yang berada di Kabupaten Subang ini bahkan menjamin bahwa lulusannya sudah siap kerja setelah lulus dari kampus. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan kegiatan pendidikannya, Polsub telah bekerja sama dengan industri untuk membekali para mahasiswa agar memiliki pengalaman industri yang cukup untuk menghadapi dunia kerja, bahkan sebelum lulus kuliah.

Direktur POLSUB Ir Ridwan Baharta M Sc mengemukakan, lulusannya sangatlah siap untuk dunia kerja mengingat penyelenggaraan pendidikan di POLSUB adalah pendidikan vokasi, dimana ketika perkuliahan lebih banyak porsi kepada kegiatan belajar praktik dari pada kegiatan belajar teori.

”Lebih ringkasnya adalah mahasiswa Polsub ketika kuliah terfokus kepada 60 persen praktik dan 40 persen teori,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa keahlian yang dimiliki oleh setiap lulusan yang mengenyam pendidikan vokasi, khususnya di POLSUB. Selain siap kerja, para lulusan juga memiliki kompetensi sesuai program yang dipilih, kreatif dan inovatif, serta profesional dalam setiap pekerjaan.

”Untuk membuktikan hal itu semua, kami menyediakn SKPI, yaitu Surat Keterangan Pendamping Ijazah sebagai bukti bahwa mereka mempunyai kompetensi tertentu sesuai bidangnya,” tambahnya.

Saat ini, ada total empat Program Studi (Prodi) yang dimiliki oleh POLSUB yaitu, Sistem Informasi, Agroindustri, Pemeliharaan Mesin dan Keperawatan.

”Kami pikir empat Prodi tersebut sangat relevan dan the most need untuk saat ini, khususnya di Kabupaten Subang. Jadi bagi para lulusan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas), khususnya di daerah Subang, yang ingin berkuliah dan siap kerja bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di POLSUB melalui tiga jalur yang kami miliki yaitu SNMPN, SBMPN, dan Mandiri,” pungkas Ridwan.(ysp/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *