Kembangkan Bakat Sepak Bola Usia Dini di Subang, Persikas Buka Akademi dan Diklat

Persikas Subang
Pengurus Persikas Subang siap merintis Akademi dan Diklat untuk pembinaan sepak bola.
0 Komentar

SUBANG-Guna mengembangkan bakat sepak bola usia dini di Kabupaten Subang, Persikas Subang merintis akademi dan diklat. Persikas Subang akan membina bakat dengan berbagai kategori jenjang usia dan kompetisi yang jelas.

Mantan Pemain Persikas Subang, Didin Gejos, mengatakan, nama Persikas Subang sudah ada sejak tahun 1948 lalu. Tidak sedikit pemain dari Persikas yang berkiprah di Liga Nasional hingga memperkuat tim nasional. Namun semakin ke sini, gaung Persikas Subang semakin melempem. Beberapa tahun terakhir sempat muncul wacana akan dibentuk Diklat Persikas Subang namun kembali hilang. “Saya kira jika ada Akademi dan Diklat Persikas, pesepakbolaan Kabupaten Subang akan semakin maju,” katanya.

Bak gayung bersambut, Pengurus Persikas telah mengamanatkan kepada Iwan “Abah” Syahrul Anwar sebagai formatur Akademi dan Diklat Persikas Subang. Menjalankan amanat pengurus, Abah langsung mengajak beberapa calon penguris akademindan diklat untuk merumuskan konsep.

Baca Juga:BRI Cabang Subang Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19Pemerintahan Kecamatan Sukasari Fokus Selesaikan Pekerjaan Infrastruktur

Abah mengatakan, pembinaan usia muda sangat penting untuk perkembangan sepak bola di Kabupaten Subang. Jika pembinaan dilakukan sejak dini, baik tehnik maupun pola permainan, nantinya akan membentuk satu karakter pemain yang handal. “Mulai saat ini, kita akan rintis Akademi dan Diklat Persikas Subang,” kata Abah.

Konsep Akademi Persikas Subang, Abah menuturkan, akan dibina dengan kategori usia. Mulai dari usia 9, 11, 13 hingga 15. “Pembinaan usia muda dalam Akademi Persikas bisa diikuti siapa saja sesuai jenjang usia. Nantinya pemain akan diikutsertakan dalam beberapa turnamen atau festival sepak bola baik dalam maupun luar kota, untuk mengasah kemampuan bakat anak,” tutur Abah.

Sedangkan Diklat Persikas, akan diisi dengan pemain hasil seleksi dari Akademi Persikas dan klub SSB lainnya dari mana saja. Pemain pun akan mendapat beasiswa pendidikan. “Kami akan bekerjasama dengan beberapa sekolah hingga perguruan tinggi di Kabupaten Subang untuk beasiswa Diklat Persikas,” katanya.

Selain itu, Persikas Subang akan menjajaki kerjasama dengan beberapa klub yang berlaga di Liga 1 sebagai penyaluran pemain. Baik pinjam maupun transfer akan dijajaki untuk menyalurkan bakat pemain Diklat Persikas. “Kami optimis, segudang pemain potensial di Kabupaten Subang akan tersalurkan bakat sepak bolanya melalui Diklat Persikas untuk bermain di Liga 1 Nasional, Bahkan untuk meningkatkan prestasi Persikas Subang hingga ke Liga 1 Nasional,” katanya.(vry)

0 Komentar