Ketua RT/RW Dapat Tambahan Honor Rp 1 Juta, Ini Syaratnya

YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES DISKUSI: Kepala Dispemdes Subang, Nana Mulyana berbicang dengan salah satu ketua RT di Desa Jalupang.
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES DISKUSI: Kepala Dispemdes Subang, Nana Mulyana berbicang dengan salah satu ketua RT di Desa Jalupang.
0 Komentar

SUBANG-Tahun ini honor Ketua RT dan Ketua RW di Subang naik Rp1.000.000. Tahun 2020 honor RT sebesar Rp2.000.000 setahun, kini menjadi Rp3.000.000. Tahun 2020 honor RW sebesar Rp2.200.000, kini menjadi Rp3.200.000.

Maka dalam sebulan Ketua RT mendapat honor Rp.250.000 Sedangkan Ketua RW mendapat honor Rp.266.000. Honor Ketua RT dan RW tersebut berasal dari APBD Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Dispemdes) Kabupaten Subang, H Nana Mulyana mengatakan, peningkatan honor Ketua RT dan RW tersebut untuk mengapresiasi kerja selama ini. Tentunya dengan kenaikan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk melakukan inovasi dalam bekerja. Inovasi tersebut sebagia syarat untuk mendapatkan honor tersebut.

Baca Juga:Viral Video Syur Parakan 01, Netizen: Udah Jelek Gada Ahlak LagiKorupsi SPPD Fiktif DPRD Subang Memungkinkan Ada Tersangka Baru, Siapa Berikutnya?

Diakuinya, kenaikan honor ini tidak serta merta tanpa proses. Kenaikan honor tersebut sebelumnya melalui proses pengusulan lebih.

“Sebelumnya kan ada usulan, ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Subang dan akhirnya terealiasi melalui dana BKUD-K,” ujarnya.

Nana menjelaskan, Ketua RT se Kabupaten Subang mencapai 6.187 orang. Ketua RW mencapai 1.819. Jumlah tersebut dianggap wajar mengingat penduduk Subang mencapai 1,6 juta orang.

Mantan Camat Jalancagak itu mengatakan, tugas dan tupoksi Ketua RT dan RW sangat vital karena membantu program pemerintah desa mulai dari administrasi kependudukan, kerukunan masyarakat hingga usulan untuk membuat daerah menjadi lebih baik lagi.

Dia meminta kepada Ketua RT dan RW agar bisa berinovasi lagi dan membuat program – program baru. Jika perlu Ketua RT dan Ketua RW miliki program yang bisa memanfaatkan potensi daerah.

Sementara itu Ketua RT 50 RW 05 Kelurahan Dangdeur Subang Ivan R mengakui akan meningkatkan kinerjanya apalagi ada kenaikan honor tahun ini. Menurutnya, honor itu bukan untuk diri sendiri, melainkan disimpan untuk kas dan juga pengurus lainnya.(ygo/ysp)

0 Komentar