Puskesmas Gunung Sembung Sukseskan Vaksinasi

Puskesmas Gunung Sembung
YUGO EROSPRI / PASUNDAN EKSPRES VAKSINASI: Kepala Puskemas Gunung Sembung dr Wahyuni Suci Wulandari memantau pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja media.
0 Komentar

SUBANG-Puskesmas Gunung Sembung ikut menyukseskan program vaksinasi. Pelayanan vaksinasi dilakukan semaksimal mungkin dan penuh dengan kehati-hatian.

Kepala Puskemas Gunung Sembung dr Wahyuni Suci Wulandari mengatakan, Puskesmas Gunung Sembuh mendapat jatah 29 vial di tahap dua vaksinasi. Pada tahap dua ini dialokasikan kepada 166 sasaran.

“Kini tinggal menunggu vial untuk vaksin tahap ketiga,” katanya kepada Pasundan Ekspres.

Baca Juga:Jangan Jijik, Belatung Ternyata Bisa Menghasilkan 800 kg Pupuk Organik PerhariSosialisasi Diikuti Lima Kabupaten, Program OPOP untuk Kemandirian Pesantren

Menurut Wahyuni, masyarakat begitu antusias mengikuti program vaksinasi. Dibuktikan dengan banyaknya orang yang sudah terdaftar ingin segera divaksin.

Dia menyampaikan, tidak semua orang yang sudah mendaftar langsung bisa divaksin. Mereka harus melakukan tahap screening untuk mengetahui riwayat penyakit oleh petugas terlebih dahulu.

“Banyak yang terdeteksi memiliki penyakit asma, diabetes, batuk pilek dan comorbid (penyakit bawaan) lainnya. Kita meminta mereka agar menunggu terlebih dahulu agar stabil, baru bisa disuntik vaksin,” ujarnya.

Wahyuni memastikan vaksin sejauh ini aman. Vial vaksin disimpan khusus dalam lemari es dengan suhu sesuai yang sudah dtetapkan.

“Kita memiliki lemari es khusus penyimpan vial tersebut,” ujarnya.

Bagi mereka yang sudah divaksin pertama untuk kembali lagi divaksin kedua kalinya. Perlu menunggu 14 hari untuk divaksin kedua.

“Jika cuma sekali tidak akan terbentuk imunitasnya, ini harus dipahami ya,” katanya.

Pekerja media, Dede mengaku antusias mengikuti program vaksinasi. Sejauh ini dia selalu khawatir terpapar Covid-19 karena belum divaksin. Dia berharap, setelah divaksin bisa terhindar dari Covid-19.

Baca Juga:Pengamen Anak-anak Banyak Berkeliaran di Kota Subang, Tanggungjawab Siapa?Kumuh Tak Terawat, Perumahan KORPRI Subang Terkesan Angker

“Alhamdulilah divaksin, jadi bisa berpergian tanpa khawatir terpapar Covid-19,” ungkap warga Pagaden Barat itu.

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Mokhamad Arif Rakhman mengatakan, salah satu prioritas vaksinasi saat ini yaitu pekerja media. Mereka beresiko terpapar Covid-19, sehingga perlu mendapat prioritas vaksinasi.

“Seperti yang sudah saya sampaikan, TNI-POLRI, guru, tenaga kesehatan, pekerja media dvaksin. Nanti pada tahap selanjutnya baru untuk masyarakat,” katanya.(ygo/ysp)

 

0 Komentar