Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Tirta Tarum Karawang Ganti Status Perumdam

PDAM Tirta Tarum Karawang
IST GANTI STATUS: PDAM Tirta Tarum Karawang merayakan Hari Air Sedunia.
0 Komentar

KARAWANG-Air merupakan kebutuhan dasar manusia dan makhluk hidup yang paling utama dalam proses kehidupannya. Lebih dari 80 persen tubuh kita terdiri dari air. Air pula yang sangat dibutuhkan dalam proses hidup, tumbuh dan berkembangnya seluruh makhluk di alam ini. Seluruh dunia mengakui bahwa air sangat penting, hingga setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day).

Direktur Utama PDAM Tirta Tarum Karawang, M. Sholeh mengatakan, tahun ini akan diperingati Hari Air Sedunia ke-29 dengan Tema Water Valuing atau Menghargai Air. “Tema ini sangat tepat dengan kondisi saat ini dimana keberadaan air untuk mencukupi kebutuhan hidup dan proses kehidupan ini menjadi krisis jika tak dapat diantisipasi dengan baik,” katanya.

Sifat air yang unik, dimana air sedikit menjadi masalah, dan air melimpah juga menjadi masalah. Misalnya saat banjir dan bencana alam. Adanya perubahan iklim telah mengakibatkan keseimbangan siklus air terganggu, bahkan berdampak terhadap bencana banjir, kerusakan alam dan lingkungan. “Salah satu dampak perubahan iklim ini adalah ketersediaan air baku bagi PDAM untuk memenuhi air bersih dan air minum bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga:Alhamdulilah, Warga Asal Ciasem Girang Dapat Hadiah Suzuki Ertiga di Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang PamanukanNgeri, Ternyata Banyak PNS di Subang Tak Lolos BI Checking

Peran air di masa pandemi, peran air di masa pandemi Covid-19 menjadi sangat vital. Manakala media air sangat urgent bagi sanitasi tubuh, lingkungan maupun proses protocol kesehatan. Tak hanya cukup dengan memakai masker dan jaga jarak, tetapi juga mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun adalah bagian dari protokol kesehatan, yang ampuh untuk menghindari penyebaran virus corona disease 19 (Covid-19), bahkan protokol kesehatan itu bertambah dengan menghindari kerumunan dan mobilitas.

Peringatan Hari Air Sedunia ke-29 kali ini terasa spesial bagi PDAM Tirta Tarum Karawang. Selain dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, juga dilakukan bersamaan di tengah masa transformasi PDAM berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam). Dengan status baru sebagai Perum diharapkan Tirta Tarum semakin eksis dan mantap sebagai perusahaan publik bidang air bersih dan air minum di wilayah Kabupaten Karawang.(rls/ddy/vry)

0 Komentar