oleh

Munggahan 2021 Lengkap dengan Do’a Menyambut Ramadhan

Munggahan 2021 Lengkap dengan Do’a Menyambut Ramadhan

Munggahan 2021 Lengkap dengan Do'a Menyambut Ramadhan
Munggahan 2021 Lengkap dengan Do’a Menyambut Ramadhan

Munggahan adalah tradisi Masyarakat Islam suku Sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan atau bulan puasa. Hal ini biasanya dilakukan beberapa hari sebelum bulan puasa tiba, misal dengan berkumpul bersama keluarga dan rekan kerabat untuk sekedar makan-makan (botram) dan saling bermaafan pada saat munggahan 2021.

Munggahan berasal dari Bahasa Sunda yaitu ‘unggah’ yang berarti naik. Dapat diartikan naik ke bulan suci atau tinggi derajat.  Tradisi munggahan sejak dulu sampai saat ini masih terlaksanan dengan baik dan penuh antusias oleh masyarakan muslim, khususnya Muslimin muslimat yang berada di tanah Sunda, selalu melakukan tradisi munggahan.

Manfaat Munggahan dan Tujuan Munggahan

Hal positif dari munggahan adalah juga untuk mempererat silaturrahim antara keluarga yang lama tidak bertemu dan juga memperkokoh persaudaraan dengan rasa saling memaafkan diantara sesaka teman, kerabat dan keluaga. Munggahan 2021 ini diperkirakan akan dilaksanakan oleh berbagai kalangan muslim di tatar Sunda Jawa Barat pada bulan April 2021, sebab Ramadhan 2021 diperkirakan akan tiba pada Tanggal 13 April 2021.

Bulan Puasa adalah bulan mulia, penuh berkah dan penuh hikmah, bulan yang sangat dirindukan oleh hampir semua umat Islam di seluruh dunia.

Dengan datangnya bulan puasa tahun 2021 ini, kita sebagai umat Islam, sudah seharusnya menyambut bulan ramadhan 2021 dengan gembira penuh keikhlasan dan semangat yang tinggi.

Tata Cara Munggahan

Tata cara munggahan sebenarnya tidak terlalu formal, tapi bisa dibilang bervariasi, seperti:

  1. Berkumpul keluarga dan kerabat,
  2. Makan bersama atau sering disebut botram,
  3. Saling bermaaf-maafan,
  4. Serta berdo’a bersama.
  5. Pergi tempat wisata bersama keluarga internal,
  6. Berziarah ke makam orang tua (nyekar) atau orang-orang shaleh,
  7. Mengamalkan sedekah pada waktu sehari menjelang bulan puasa yang disebut juga sedekah munggah.

*Sedekah juga sangat dianjurkan dilakukan setiap hari, sedekah munggah adalah tradisi melengkapi saat Munggahan

Bulan Ramadhan Manusia Fokus Pada Tujuan Hidup

Sebab pada bulan Ramadhan, kita semua terfokus pada tujuan hidup, yaitu negeri akhirat, untuk itulah pada bulan Ramadhan lebih banyak umat muslim yang bisa lebih fokus dan lebih khusyu dalam beribadah,.

Sebelumnya hanya ke mesjid 5 waktu, sekarang ke mesjid lebih sering, untuk bertafakkur dan tadarus di mesjid. Sebelum ramadhan shalat witir jarang dikerjakan, ketika ramadhan shalat witir hampir tiap malam dikerjakan saat setelah tarawih.

Untuk itu, menyambut bulan puasa tentu dengan mempersiapkan kesehatan yang lebih baik agar bisa menjalani ibadah dengan penuh khusyu, dan juga mempersiapkannya dengan meminta kepada Allah agar disampaikan kepada bulan ramadhan.

Kemudian meminta juga agar amalan-amalan di bulan Ramadhan diterima dan diridhai ALLAH S.W.T.

Jika ALLAH S.W.T sudah Ridha pada kita sebagai manusia biasa, maka segala apapun yang kita jalani, tentu terasa sangat ringan, segala permasalahan yang kita lalui tentu akan mudah jalan keluarnya.

Do’a Menyambut Ramadhan

Al-Hafidz Ibnu Rajab mengatakan salah satu contoh do’a yang mereka lantunkan. Bahwa Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir (Seorang ulama tabi’in), bahwa Beliau berkata:

Diantara do’a sebagian sahabat ketika datang bulan Ramadhan yaitu:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah Aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Wallahua’lam. (Re/Juni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *