Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu!

Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu!
Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu! (via pexels-Thirdman)
0 Komentar

Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu!

Munggahan adalah tradisi Masyarakat Islam di tatar Sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan atau bulan puasa.

Hal ini biasanya dilakukan beberapa hari sebelum bulan puasa tiba, misal dengan berkumpul bersama keluarga dan rekan kerabat untuk sekedar makan-makan (botram) dan saling bermaafan pada saat munggahan 2023

Ada sejumlah masyarakat atau kelompok tertentu yang melakukan tradisi atau kegiatan keagamaan sebelum bulan Ramadhan sebagai bentuk persiapan menyambut bulan suci tersebut.

Baca Juga:Apakah Pinjol Easy Cash Terdaftar di OJK? Klik Ini untuk Pinjaman Online AmanPinjol yang Bunganya Rendah, Terbaru Maret 2023 Paling Update dan Terbukti Membayar

Sebagai contoh, di beberapa daerah di Indonesia, terdapat tradisi untuk melakukan ziarah ke makam para wali atau tokoh agama sebelum bulan Ramadhan sebagai bentuk persiapan spiritual menyambut bulan suci tersebut.

Selain itu, mungkin juga ada kegiatan sosial atau amal yang dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut bulan Ramadhan, seperti pembagian makanan atau bantuan kepada kaum dhuafa atau fakir miskin.

Akan tetapi, apapun bentuk tradisi atau kegiatan yang dilakukan sebelum bulan Ramadhan, yang penting adalah niat yang tulus untuk memperbaiki diri dan memperbanyak ibadah selama bulan suci tersebut.

Munggahan ini juga berasal dari Bahasa Sunda yaitu ‘unggah‘ yang berarti naik.

Dapat diartikan naik ke bulan suci atau tinggi derajat.

0 Komentar