Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu!

Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu!
Munggahan 2023, Lengkap Doa Menyambut Ramadhan, Bikin Muslim Rindu! (via pexels-Thirdman)
0 Komentar

Tradisi munggahan sejak dulu sampai saat ini masih terlaksanan dengan baik dan penuh antusias oleh masyarakan muslim, khususnya Muslimin muslimat yang berada di tanah Sunda, selalu melakukan tradisi munggahan.

Manfaat Munggahan dan Tujuan Munggahan

Hal positif dari munggahan adalah juga untuk mempererat silaturrahim antara keluarga yang lama tidak bertemu dan juga memperkokoh persaudaraan dengan rasa saling memaafkan diantara sesaka teman, kerabat dan keluaga.

Munggahan 2023 ini diperkirakan akan dilaksanakan oleh berbagai kalangan muslim di tatar Sunda Jawa Barat pada bulan Maret 2023, sebab Ramadhan 2023 diperkirakan akan tiba pada Tanggal 23 Maret 2023

Baca Juga:Apakah Pinjol Easy Cash Terdaftar di OJK? Klik Ini untuk Pinjaman Online AmanPinjol yang Bunganya Rendah, Terbaru Maret 2023 Paling Update dan Terbukti Membayar

Bulan Puasa adalah bulan mulia, penuh berkah dan penuh hikmah, bulan yang sangat dirindukan oleh hampir semua umat Islam di seluruh dunia.

Dengan datangnya bulan puasa tahun 2023 ini, kita sebagai umat Islam, sudah seharusnya menyambut bulan ramadhan 2023  dengan gembira penuh keikhlasan dan semangat yang tinggi.

Tata Cara Munggahan

Tata cara munggahan sebenarnya tidak terlalu formal, tapi bisa dibilang bervariasi, seperti:

  • Berkumpul keluarga dan kerabat,
  • Makan bersama atau sering disebut botram, Isi Paket Munggahan menyesuaikan aja ya
  • Saling bermaaf-maafan,
  • Serta berdo’a bersama.
  • Pergi tempat wisata bersama keluarga internal,
  • Berziarah ke makam orang tua (nyekar) atau orang-orang shaleh,
  • Mengamalkan sedekah pada waktu sehari menjelang bulan puasa yang disebut juga sedekah munggah.

*Sedekah juga sangat dianjurkan dilakukan setiap hari, sedekah munggah adalah tradisi melengkapi saat Munggahan

Bulan Ramadhan Manusia Fokus Pada Tujuan Hidup

Sebab pada bulan Ramadhan, kita semua terfokus pada tujuan hidup, yaitu negeri akhirat, untuk itulah pada bulan Ramadhan lebih banyak umat muslim yang bisa lebih fokus dan lebih khusyu dalam beribadah,.

Sebelumnya hanya ke mesjid 5 waktu, sekarang ke mesjid lebih sering, untuk bertafakkur dan tadarus di mesjid. Sebelum ramadhan shalat witir jarang dikerjakan, ketika ramadhan shalat witir hampir tiap malam dikerjakan saat setelah tarawih.

Untuk itu, menyambut bulan puasa tentu dengan mempersiapkan kesehatan yang lebih baik agar bisa menjalani ibadah dengan penuh khusyu, dan juga mempersiapkannya dengan meminta kepada Allah agar disampaikan kepada bulan ramadhan.

0 Komentar