Tingkatkan Pendapatan Asli Desa, Pemdes di KBB Gencar Kembangkan BUMDes

Desa Cibogo Kecamatan Lembang
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES NAMPAK MEGAH: Kantor Desa Cibogo nampak megah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
0 Komentar

LEMBANG-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cibogo Kecamatan Lembang Bandung Barat,  terus berinovasi dan membuat terobosan unit usaha. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka pengangguran di wilayah Desa Cibogo.

Kepala Desa Cibogo Agust Sutisna mengatakan, sejak berdiri BUMDes di Desa Cibogo, terus berkembang hingga memiliki beberapa unit usaha produktif. Seperti warung produktif untuk pelaku usaha kecil mikro (UKM), penyewaan peralatan pesta hajatan, kios pulsa dan usaha jasa lainnya yang produktif. “Dengan ada BUMDes paling tidak dapat membuka lowongan kerja, selain itu ada beberapa sektor UKM yang terlibat sehingga dapat menambah kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Agust berkeyakinan jika BUMDes dikelola dengan serius dan profesional, maka isu-isu kesejahteraan dan pengangguran dapat teratasi sejalan dengan pembukaan unit usaha produktif lainnya. “Pengembangan kedepannya kita akan buka usaha baru seperti penyediaan gas bersubsidi, membuka apotek dan bank sampah, ini tentunya akan membuka kesempatan kerja baru bagi warga kami,” paparnya.

Baca Juga:Tak Akan Meriah, Hari Jadi Kabupaten Subang Dikemas SederhanaGP Ansor Kabupaten Subang Kutuk Keras Aksi Bom Diri

Sekertaris Desa Cibogo Abdul Syukur menambahkan, sebagai salah satu desa digital, dirinya akan mengembangkan penyewaan jaringan internet yang dikelola oleh BUMDes. Visinya setiap rumah warga dapat berlangganan dengan jaringan internenet yang ada di Desa. “Desa kami sudah memiliki tower sendiri, dan kedepannya kami berharap warga dapat berlangganan jaringan internet yang kami kelola,” ujarnya.

Abdul mengungkapkan, bahwa dengan berjalannya BUMDes tidak dapat dipungkiri ada penambahan terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes), sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan pembangunan desa. “Dengan adanya BUMDes, alhamdulilah ada penambahan terhadap PADes walau belum signifikan,” ucapnya.

Sementaa itu, BUMDes di Desa lain seperti Desa Pagerwangi terus berbenah untuk mewujudkan BUMDes yang dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat.

Kepala Desa Pagerwangi Agus Ruhidayat mengatakan, saat ini Desa Pagerwangi telah memiliki beberapa usaha produktif yang sudah dapat dirasakan oleh warga. “Kami telah bangun lapang putsal yang dikelola oleh BUMDes. Karena milik pemdes, warga yang akan menggunakan hanya dikenakan biaya perawatan saja,” ucapnya.

0 Komentar