PPKM Mikro Dinilai Efektif, Empat Kecamatan di Subang Status Zona Hijau

Editor:

SUBANG-Sebanyak 4 Kecamatan di Subang memasuki zona hijau penyebaran Covid-19. Zona hijau itu tidak terlepas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dinilai efektif.

Empat kecamatan tersebut antara lain Serangpanjang, Tanjungsiang, Kalijati dan Cikaum.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi mengatakan, PPKM Mikro yang diselenggarakan tingkat Desa dinilai efektif untuk mempersempit area penyebaran virus Covid-19 di Subang.

“Saya berharap tren zona hijau tiap kecamatan ini terus meningkat seiring dengan berjalannya vaksinasi di Subang, sehingga pandemi ini bisa berangsur pulih,” ungkap Maxi.

Dokter Maxi menjelaskan, perkembangan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Subang selama pekan terkahir kemarin sudah mulai landai.

“Alhamdulillah, untuk pekan ini jumlah kasusnya sudah mulai mengalami penurunan. Dari 1 hingga 21 kasus saja setiap harinya, yang sebelumnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan kasus. Bahkan sempat mencapai angka di atas 400 kasus dalam satu hari,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, naiknya grafik penularan positif Covid-19 itu akibat masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Salah satu indikatornya yaitu masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat kita, terhadap prokes,” tegas Kadinkes.

Dengan adanya grafik penurunan angka kasus positif Covid-19 di pekan kemarin itu, kata dia, menandakan adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya disiplin penerapan prokes. Juga mulai diberikannya penyuntikan vaksin Sinovac, meski belum seluruhnya bisa disuntik.

“Tak lepas dari kerja keras semua pihak, yang ikut terlibat dalam mensosialisasikan sekaligus mengedukasi masyarakat, terkait disiplin penerapan prokes, serta pemberian vaksin sinovak,” jelasnya.

Adapun per hari Senin (29/3) penambahan terkonfirmasi positif Covid 19 di Subang, dari data satgas Covid 19 hanya sebanyak tiga orang. Sehingga total menjadi 4.348 orang, sembuh 3.562 orang, masih isolasi 687 orang, dan meninggal dunia 99 orang.

“Saya tetap tidak pernah lelah untuk ingatkan masyarakat agar tetap terapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan,” pungkas dr Maxi.(idr/ysp)

Kecamatan Zona Hijau

  1. Serangpanjang
  2. Tanjungsiang
  3. Kalijati
  4. Cikaum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.