Memaknai Survey Kecil untuk Keberlangsungan Program Studi

Memaknai Survey Kecil untuk Keberlangsungan Program Studi
0 Komentar

Kondisi penerimaan maru di Perguruan Tinggi cukup beragaman, ada yang menggembirakan tapi tidak sedikit terutama di PTS, keadannya cukup memprihatinkan. Jika PTN karena namanya sudah popular dan dipercaya serta kuotanya terbatas, hampir dipastikan kuotanya bisa tercapai tapi sebaliknya di PTS tidak semua kuota terpenuhi bahkan mendapat mahasiswa baru sekitar 30 saja , amat sangat sulit. Itulah problem keberlangsungan. Pada tataran kondisi riil semacam ini maka berlakulah subsidi silang dalam beberapa program studi, yang kuat mensubsidi yang lemah seperti system BPJS, yang sehat mensubsidi yang sakit. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama bila tidak ingin mengganggu kesehatan keuangan Perguruan Tinggi.

Fakultas Geografi UMS selalu menempatkan promosi pada tempat yang terhormat dan selalu terprogram. Dengan jumlah mahasiswa baru per tahun 250 selama 5 tahun terakhir mencoba melakukan upaya kecil dengn membuat survey dengan 3 pertanyaan yaitu : Sumber informasi, asal sekolah baik swasta/Negeri maupun Muhammadiyah ataupun bukan, dan alasan memilih Fakultas Geografi UMS sbg tempat mendapatkan ilmu. Dari 250 mahasiswa angkatan 2020-2021 yang jumlahnya 250 , yang merespon 70 persen dengan hasil sbb :

Berdasarkan sumber informasi yang didapat dari maru tentang Fakultas Geografi UMS, lebih dari 50 persen diperoleh dari web geografi, ini temuan penting dan harus menjadi dasar pengambilan kebijakan pengelola program studi. Performance web harus dibuat cantik agar menarik dan kontennya didesign tidak hanya untuk kepentingan internal tapi harus diperluas sampai kebutuhan ekternal termasuk calon maru. Konten yang bisa diupload untuk keperluan mereka berkisar tentang nilai akreditasi prodi yang menunjukkan kepercayaan pemerintah, jumlah maru menunjukkan kepercayaan masyarakat dan keberlangsungan atau survival prodi.

Baca Juga:RINGKASAN LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH ( LPPD ) PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2020Menjemput Rezeki Disaat Pandemi

Konten lain yang menarik adalah serapan lapangan kerja alumninya, dinamika kegiatan mahasiswa dan dosen dan kerja sama dengan instansi pengguna sampai link luar negeri.  Disamping kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat harus ditonjokan.  Sebagai gambaran misalnya, berdasarkan tracer studi maka alumni Fakultas Geografi UMS bekerja di beberapa instansi pemerintah : Bappeda, Badan Pertanahan dan Tata ruang, Biro Pusat Statistik, Pekerjaan Umum, Depdagri,Dosen, Guru,Wiraswasta,Konsultan,ABRI dan Kepolisian yang terkait dengan geografi, PDAM,KPK , Bank Pembangunan Asia, dan ada beberapa yang melanjutnya studi lanjut di dalam negeri maupun luar negeri. ( bersambung, tulisan 1 dari 3 tulisan)  

Laman:

1 2
0 Komentar