Jelang Ramadhan, Bahan Pokok Merangkak Naik

INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES Salah satu jongko komoditas bahan poko dan bumbu dan rempah di pasar pujasera Subang.
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES Salah satu jongko komoditas bahan poko dan bumbu dan rempah di pasar pujasera Subang.
0 Komentar

SUBANG – Sejumlah komoditas bahan pokok mengalami kenaikan seminggu menjelang bulan ramadhan.

Diungkapkan Pedagang Pasar Pujasera Subang, Oom (47) sejumlah bumbu dan dan rempah mengalami kenaikan, sebut saja misalnya bawang putih, bawang merah, cabai merah, mengalami kenaikan rata-rata diangka 20 persen.
“Ada yang naik ada yang turun, cabe merah dan bawang merah serta bawang putih itu naik, semula Rp35.000 /kg menjadi Rp52.000,” ungkapnya.
Kenaikan tersebut menurutnya merupakan siklus tahunan menjelang bulan ramadhan, bukan kelangkaan, karena pengiriman masih lancar-lancar saja katanya.

“Biasalah ini mah mau puasa saja, dari pengirim naik, ya ikut naik atuh ini juga, bawang putih yang sebetulnya sempat susah dapetinnya, kalau untuk harga nanti turun biasanya gak lama juga, naik lagi mau lebaran,” tambahnya.

Baca Juga:Bangun MCK di Rancamulya, MUJ ONWJ Bantu Pemkab Subang Tuntaskan Program ODFGP Ansor Ingatkan Pemimpin Subang Untuk Hindari Perilaku Korupsi

Dia berharap puasa kali ini, yang juga merupakan puasa di tengah pandemi Covid kali kedua, bisa lebih baik dari tahun sebelumnnya. Hal senada juga diaampaikan pedagang ayam potong, Wita (37). Dia juga menyebut untuk satu kilogram daging ayam mengalami kenaikan yang semula Rp32.000 menjadi Rp.38.000.

“Iya naik a, bertahap sih kemarin 35, kemarinnya lagi sempat di 32, sekarang sudah 38,” ungkapnya.

Dia juga mengaku tidak kesulitan menemukan ayam potong, itu baginya menandakan jika kenaikan harga bukan lantaran kelangkaan, senada dengan Oom Wita juga menduga hanya sebatas siklis tahunan menjelang puasa saja. (idr)

0 Komentar