Alibaba Milik Jack Ma Didenda Rp41 Trilun oleh Pemerintah China, Ini Kasusnya

Alibaba Milik Jack Ma Didenda Rp41 Trilun oleh Pemerintah China, Ini Kasusnya
0 Komentar

PEMERINTAH China pimpinan Presiden Xi Jinping menjatuhkan sanksi kepada perusahaan Jack Ma, Alibaba. E-commerce itu didenda 18,23 miliar yuan atau sekitar Rp 41 triliun (kurs Rp 2.230/yuan).

Ini terkait penyelidikan kasus monopoli raksasa teknologi tersebut. Dalam pernyataan hari Sabtu (10/4/2021), Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar (SAMR) China menuduh Alibaba menyalahgunakan dominasi pasarnya.

“Alibaba melanggar bisnis pedagang di platform serta hak dan kepentingan yang sah dari konsumen,” menurut terjemahan sebagaimana dilaporkan CNBC International, dikutip Minggu (11/4).

Baca Juga:Mau dapat 1,2 Juta Cuma-cuma? Cara Daftar UMKM Secara Online ini Wajib Disimak!!!Daftar Cemilan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Selain denda, yang berjumlah sekitar 4% dari pendapatan perusahaan tahun 2019, regulator mengatakan Alibaba harus mengajukan pemeriksaan sendiri dan laporan kepatuhan ke SAMR selamatiga tahun. Sejauh ini pihak Alibaba mengklaim menerima keputusan ini.

“Alibaba menerima hukuman dengan tulus dan akan memastikan kepatuhannya dengan tekad,” kata Alibaba dalam sebuah pernyataan.

“Untuk memenuhi tanggung jawabnya kepada masyarakat, Alibaba akan beroperasi sesuai dengan hukum dengan ketekunan yang tinggi, terus memperkuat sistem kepatuhannya, dan membangun pertumbuhan melalui inovasi.”

Regulator China sebelumnya membuka penyelidikan atas praktik monopoli perusahaan itu pada bulan Desember. Fokus utama investigasi adalah praktik yang memaksa pedagang untuk memilih salah satu dari dua platform, alih-alih dapat bekerja dengan keduanya.

Otoritas berwenang menilai bahwa kebijakan “pilih satu” dan kebijakan lainnya memungkinkan Alibaba untuk meningkatkan posisinya di pasar dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang tidak adil.(red)

0 Komentar