Tips Puasa Bagi Para Penderita Penyakit Maag

Tips Puasa Bagi Para Penderita Penyakit Maag
0 Komentar

DI BULAN Ramadhan penderita penyakit maag mungkin akan lebih ekstra menjaga makanan apa saja yang akan dikonsumsi ketika sahur. Sebab menahan rasa lapar dan haus selama 12 jam akan menjadikan asam lambung akan meningkat.

Hal tersebut pastinya akan menimbulkan gejala penyakit maag. Tapi Anda tak perlu khawatir, kini ada tips puasa bagi penderita maag.

Sebelumnya mengetahui tipsnya, terlebih dulu mengetahui penyebab terjadinya maag. Penyakit maag terjadi akibat adanya peningkatan produksi asam lambung.

Baca Juga:Satu Hari Satu Kali Khatam AlquranPDIP Sorot Rotasi Mutasi Pejabat, Eksekutif: Sistem Merit dalam Proses

Penderita maag sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalankan puasa. Berikut tipsnya.

1. Penderita maag harus cermat dalam memilih makanan. Makanan yang direkomendasikan bagi penderita maag adalah makanan yang mengandung serat, karbohidrat, kalium dan magnesium.

Diantaranya adalah beras merah, pisang, apel, dan kurma.

2. Bagi penderita maag hindari makanan dan minuman yang mengandung gas, lemak, dan makanan yang dapat memicu timbulnya maag seperti gorengan, santan, cuka, makanan pedas, kopi dan minuman bersoda.

3. Penderita maag sangat disarankan untuk menyegerakan berbuka. Penyakit maag biasanya kambuh jika penderitanya sering terlambat makan disertai dengan pola makan yang buruk.

4. Sebaliknya ketika sahur, penderita maag sangat tidak disarankan tidur kembali setelah makan sahur.

Sebab lambung akan mengalami peningkatan sekresi asam lambung sehinggga mengakibatkan lambung terasa begah, nyeri dan mual.(rc/ded)

 

0 Komentar