oleh

Ajaib!!Setelah NTT Diterjang Siklon Seroja, Muncul Pulau Baru Berbentuk seperti Benteng

SEBUAH gugusan pulau baru yang dinamai Pulau Paskah muncul setelah Siklon Seroja di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemunculan pulau ini menarik perhatian warga untuk mendatangi lokasi tersebut. Mereka mengunjungi dengan cara menaiki perahu untuk melintasi perairan.

Diketahui, pulau yang berbentuk memanjang seperti benteng pemecah ombak itu muncul pada 4 April yang lalu. Atau bertepatan dengan Siklon Seroja.

Setidaknya ada 10 kabupaten dan 1 kota di NTT yang terdampak kehadiran siklon tropis yang berada di Samudera Hindia tersebut.

Pulau kecil tersebut berada di antara Desa Holulai dan Desa Tasilo. Pulau kecil tersebut berbentuk memanjang sehingga terlihat seperti tanggul pemecah ombak.

Warga mengusulkan pulau itu dinamai ‘Pulau Paskah’. Namun pemerintah daerah belum membahas peresmian nama pulau itu karena masih berfokus pada penanganan korban bencana di NTT.

Ahli geologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menduga pulau baru tersebut berupa gundukan pasir yang terbawa arus laut. Fenomena gundukan pasir itu disebut gosong pasir.

Dia mengatakan gosong pasir tersebut juga ditemukan di sebelah barat Sumatera dan di utara Jawa. Dia mengatakan gosong pasir pun bisa saja hilang dan berpindah ke tempat lain karena faktor arus laut. (rc/ded)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *