Dir Gardiklat: Posisi AGPAI Strategis Kuatkan Pancasila

Dir Gardiklat: Posisi AGPAI Strategis Kuatkan Pancasila
0 Komentar

Jakarta-Direktur Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan BPIP Drs Shalan Masduki M.Si menyatakan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) memiliki peran yang strategis untuk menguatkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila. Komunitas Guru Pendidikan Agama Islam seperti AGPAII, Forum Kerja Guru TK,  Kelompok Kerja Guru (KKG),  Musyawarah Guru Mata Pelajar (MGMP) dan lainnya. dapat menjadi ujung tombak untuk mengimplementasikan Ideologi Pancasila di kluster Pendidikan atau sekolah. Hal tersebut disampaikan pada kegiatan AGPAII SUMMIT di Ball Room Syahida Inn UIN Jakarta, 27 April 2021 lalu.

Menurut Sahlan, Guru sangat penting dalam menanamkan Ideologi Pancasila kepada peserta didik. Mereka memiliki kesempatan berinteraksi dengan siswa dalam jangka waktu lama selama siswa menempuh Pendidikan. Sehingga peran GPAI khususnya dan guru-guru lain dalam menanamkan nilai Pancasila karena para guru akan menjadi teladan dan panutan bagi para siswanya.

Sahlan menjelaskan sebagai wakil BPIP, dirinya berkepentingan untuk hadir di acara  AGPAII SUMMIT karena BPIP memiliki tugas membumikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh peri kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Karena itu BPIP membutuhkan dukungan dari semua pihak agar Pancasila kembali menjadi acuan Bersama, pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:Meraih Sukses di Bulan RamadhanImpor BBM Bukti Abainya Negara Kepada Rakyat

“Nilai Pancasila itu objektifikasi dari nilai-nilai agama, agama apapun. Objektifikasi yang saya maksud adalah implementasi real dari nilai agama. Ketika kita berbuat kebaikan, sebenarnya kita sedang melaksanakan ajaran agama, juga melaksanakan nilai Pancasila,” terang Mantan Asisten Deputi bidang Agama dan Keagamaan di Kementerian Koordinator PMK ini.

Hal sama diksampaikan oleh Sekretaris Jenderal AGPAII Ahmad Budiman. Menurut Budiman, Visi AGPAII adalah menanamkan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dan Pancasila. Bahkan salah satu dasar dari AGPAII adalah Ideologi Pancasila sebagai salah satu fondasi utamanya. “AGPAII hadir salah satunya untuk menguatkan ideologi Pancasila. Karena Pancasila adalah kalimatun sawa bagi Bangsa Indonesia,” tegas Budiman.

AGPAII SUMMIT sendiri menjadi agenda tahunan dari AGPAII sebagai ajang pertemuan pengurus AGPAII di seluruh Indoneisa. Dengan tag line Beyond Imagination, AGPAII SUMMIT dihadiri oleh Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dan Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Mba Yenny Wahid.Hadir juga para CEO Riscon Group, dan partner dari Bank Syariah.

0 Komentar