Ini 10 Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Ditengah Pandemi Covid-19

Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa
ilustrasi pixabay Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa
0 Komentar

Seseorang memang disarankan mengonsumsi yang manis ketika berbuka puasa, tapi perlu diingat, mengonsumsi gula sevara berlebihan juga tidak baik bagi tubuhmu.

Mengonsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Semua penyakit ini dapat melemahkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi asupan gula di bulan puasa ini, demi sistem imun tubuh yang terjaga

4.Lengkapi nutrisi dengan multivitamin

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin kesehatan. Jenis mulitvatamin yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh seseorang sehingga tidak bisa disamaratakan.

Baca Juga:Operasi Pekat, Polres Tangkap Puluhan Penjahat dari PSK, Judi hingga CuranmorAjaib!!Setelah NTT Diterjang Siklon Seroja, Muncul Pulau Baru Berbentuk seperti Benteng

Suplemen khusus Ramadan berupa multivitamin yang dibutuhkan tubuh meliputi vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

Mengonsumsi multivitamin saat puasa bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

5.Perhatikan kondisi kesehatan khusus

Selama bulan Ramadhan, kita juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan khusus yang dialami. Misal, bagi Anda yang kerap bermasalah dengan maag atau gastritis, agar puasa lancar, hindari mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kondisi ini kambuh. Artinya, anda perlu membatasi makanan yang terlalu pedas dan berminyak, maupun minuman seperti kopi dan soda. Bila pun ingin mengkonsumsinya, usahakan untuk hanya mengambil dalam jumlah sedikit.

Selain itu, anda yang memiliki kondisi kesehatan khusus lainnya bisa juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani puasa. Ini dimaksudkan agar kita tetap bisa mengonsumsi obat-obatan atau vitamin yang diperlukan selama puasa berlangsung, agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

6.Tetap berolahraga di rumah saja

Tak cuma itu, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan tetap berolahraga di masa Ramadhan ini. Tidak perlu mencoba olahraga yang terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak. Misal, dengan melakukan bodyweight training yang ringan ataupun yoga. Bila takut membebani tubuh, kita bisa memilih untuk berolahraga beberapa jam sebelum berbuka. Tidak ada larangan untuk tetap melakukan olahraga saat menjalankan puasa. Hanya saja kamu perlu pilih waktu yang tepat Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa.

0 Komentar