Ini 10 Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Ditengah Pandemi Covid-19

Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa
ilustrasi pixabay Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa
0 Komentar

Umat muslim tengah menjalankan ibadah puasa 1 Ramadan 1441 Hijriah atau 2020 Masehi. Namun ada yang berbeda pada momen suci ini, puasa wajib umat muslim ini dilakukan di tengah wabah pandemi virus corona (Covid-19) membutuhkan Tips jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa.

dr Windy Vanesha menjelaskan untuk bisa menjalani Ramadhan semaksimal mungkin, perlu upaya menjaga kesehatan tubuh. Mengikuti tatanan berpuasa yang menyehatkan, perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membantu beradaptasi dan membuat badan terasa bugar di sepanjang bulan suci. “Ini diperlukan, terutama karena kali ini kita akan beribadah sambil berhati-hati menghadapi pandemi Covid-19. Lebih dari biasanya, kita perlu memiliki gaya hidup yang baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah,” ucapnya.

Secara umum, kata dia, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan. Di antaranya, dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, juga memiliki gaya hidup yang teratur. “Kita juga perlu untuk memperhatikan kondisi kesehatan khusus yang dimiliki sebelumnya, sekaligus tetap berolahraga pada saat yang memungkinkan,” ujarnya.

Berikut 10 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh:

1.Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Baca Juga:Operasi Pekat, Polres Tangkap Puluhan Penjahat dari PSK, Judi hingga CuranmorAjaib!!Setelah NTT Diterjang Siklon Seroja, Muncul Pulau Baru Berbentuk seperti Benteng

Kunci utama dari menjaga tubuh tetap bugar adalah mengonsumsi makanan bergizi. Saat puasa di tengah pandemi Covid-19, Anda bisa menerapkannya saat sahur dan berbuka puasa.

2. Cukupi kebutuhan air

Di saat berbuka puasa, banyak orang yang lebih suka minum-minuman manis dan melupakan air putih. Padahal, air putihlah yang lebih dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh.

Tidak ada yang melarang untuk melepaskan dahaga haus dengan minuman manis yang dingin itu, tapi kalau bisa, dahulukanlah air putih.

Dehidrasi bisa mengakibatkan lemas dan lelah saat puasa. Untuk itu, kita harus tetap memenuhi kebutuhan air saat puasa, yaitu delapan gelas sehari, agar tubuh tetap bugar. Kita bisa melakukannya ketika sahur, berbuka puasa, dan menjelang tidur untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi COVID-19.

3.Kurangi konsumsi gula

0 Komentar