Gabungkan Empat Perguruan Tinggi di Subang, Universitas Mandiri Target 1.000 Mahasiswa

Editor:

SUBANG-Universitas baru kini berdiri di Subang. Bernama Universitas Mandiri yang merupakan buah dari penggabungan empat perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira.

Empat perguruan tinggi tersebut antara lain STKIP Subang, STMIK Subang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kridatama Kota Bandung dan Politeknik Kridatama Kota Bandung.

Pendirian Universitas Mandiri, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 45/E/0/2021

Penggabungan perguruan tinggi itu menjelma menjadi universitas yang memiliki 16 program studi dengan lima fakultas.

Rektor Universitas Mandiri Dr Muhammad Faizal MPd, melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Aa Zezen Zaenal Abidin SPd ST MCs mengatakan, begitu keluar SK dari Mendikbud langsung ditindaklanjuti dengan penyusunan struktur. Dari mulai tingkat rektorat, fakultas hingga prodi.

Universitas Mandiri saat ini sudah mulai melakukan operasional. “Kampus A berada di Jalan Marsinu No 5 Tegalkalapa Subang dan Kampus B Jalan Ters. Borobudur No 1-4 Bandung,” kata Aa Zezen kepada Pasundan Ekspres ditemui di Kampus A, Kamis (15/4).

Selain ada dua kampus A dan B, ke depan telah direncanakan untuk membangun induk kampus di depan Hutan Kota Ranggawulung di Kecamatan Subang.

Menurut Aa Zezen, sudah ada lahan sekitar 200 hektar lebih untuk membangun fasilitas kampus yang megah dan memadai di dekat Hutan Kota Ranggawulung itu. Aa Zezen belum bisa menyebutkan kapan pelaksanaan pembangunan induk kampus tersebut.

Aa Zezen menyebutkan, saat ini sudah mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 untuk program Sarjana dan Diploma. Awal penerimaan mahasiswa baru ini ditargetkan menjaring 500 hingga 1.000 mahasiswa.

“Kami menargetkan mahasiswa baru minimalnya 500 orang,” ujarnya.

Dia menyampaikan, Universitas Mandiri akan berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dalam berbagai aspek, bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah.

Sebelumnya, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengaku bangga dengan adanya Universitas Mandiri Subang.

“Dengan hadirnya Universitas Mandiri Subang diharapkan mampu menumbuhkan semangat generasi muda Subang untuk sekolah yang lebih tinggi,” ungkapnya dalam acara penyerahan SK Mendikbud pendirian Universitas Mandiri, Rabu lalu (24/2).

Dia menyebut, hadirnya Universitas Mandiri diharapkan mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas untuk menunjang laju perkembangan pembangunan Subang menuju wilayah industrialisasi.

“Sehingga tantangan dalam menghadapi industrialisasi tersebut mampu kita jawab karena telah tercetak SDM yang unggul,” tambahnya.(ysp/vry)

Infografis

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan

– Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

– Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

– Pendidikan Matematika

– Pendidikan Bahasa Inggris

– Pendidikan Guru Sekolah Dasar

– Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi

  1. Fakultas Teknik

– Program Studi Teknik Informatika Jenjang

– Program Studi Teknik Komputer & Jaringan Komputer

– Program Studi Sistem Informasi

– Program Studi Komputer Akuntansi

  1. Fakultas Vokasi

– Program Studi Manajeman Informatika

– Program Studi Administrasi dan Bisnis

– Program Studi Penyiaran Telivisi dan Radio

  1. Fakultas Ekonomi

– Program Studi Manajeman

– Program Stui Akuntansi

  1. Fakultas Sains

– Program Studi Fisika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.