oleh

Daftar Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan keseniannya. Itu terlihat dari banyaknya kerajinan tangan Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai penjuru daerah. Bahkan, kerajinan tangan Indonesia itu sudah dikenal hingga berbagai penjuru dunia. Berikut daftar kerajinan tangan Indonesia yg mendunia:

Kerajinan Tangan Ukir

Kayu dapat tumbuh dengan sempurna di daerah tropis seperti Indonesia. Itulah kenapa, hasil kayu kita berkualitas terbaik. Bahkan setelah diukir oleh pengrajin pun dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Negara kita pun makin dikenal berkat seni ukir kayu, misalnya pada ukiran kayu dari Jepara. Karya ukir dari Jepara sudah menembus pasar internasional sekelas Eropa, baik dalam bentuk patung, kaligrafi, atau relief. Kerajinan tangan ini berhasil membuat dunia terkagum-kagum, karena selain kualitasnya yang bagus hasilnya juga indah.

Kerajinan Tangan Batik

Kerajinan tangan Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi ini sudah tak perlu diragukan, apalagi setelah diaugerahi UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Karya Agung Warisan Budaa Lisan dan Non-bendawi Manusia). Presiden Soeharto memperkenalkan batik pada dunia pertama kali saat menggunakannya di konferensi PBB.

BACA JUGA: Lima Tempat Wisata di Subang Terbaru dan Terhits

Tokoh dunia, Nelson Mandela, juga diketahui sebagai pecinta batik. Beberapa kali beliau memakai baju bermotif asli Indonesia ini. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memopulerkan batik pada Akie Abe saat istri Perdana Menteri Jepang itu singgah ke Indonesia.

Kerajinan Tangan Anyaman

Bagaimana dengan kerajinan anyaman bambu? Ranah perdagangan ekspor sudah mengenalnya sejak dulu, karena bambu bisa dianyam menjadi wadah tisu, keranjang, perlengkapan rumah, tatakan gelas, lampu hias, dan banyak lagi. Kreasi anyaman ini jadi favorit masyarakat dari berbagai belahan dunia, misalnya di Eropa dan Amerika. Keunikan hasil karya anyaman membuatnya jadi incaran. Cari pengrajin anyaman bambu? Kamu bisa menemuinya di Garut dan Tasikmalaya. Karya mereka bahkan sudah go international.

Kerajinan Tangan Tenun

Ini dia yang tak kalah indah. Kerajinan tangan Indonesia berupa tenun bisa kamu lihat dari tenun songket khas Sumatera, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Masyarakat dunia menggemarinya karena motif tenun selalu unik dan memiliki makna spesial, yaitu sebagai wujud kehidupan masyarakat dan merupakan hasil keeratan emosional masyarakat di daerah. Ketika kamu memakainya, maka kamu sedang mengenakan seni yang dibuat dari hati. Dahulu kala, kain tenun diperkenalkan oleh masyarakat Nusa Tenggara dan hadir sejak 3500 tahun lalu sehingga masuk dalam daftar Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia.

Kerajinan Tangan Topeng

Kesan apa yang kamu rasakan saat melihat topeng? Unik? Misterius? Mungkin belum banyak yang mengenal kerajinan tangan satu ini. Tak sesederhana kelihatannya, seni topeng adalah hasil duet antara spiritualitas dan estetika.

Sebagai hasil karya kesenian tangan Indonesia, topeng dipakai untuk melengkapi hiasan atau pertunjukan tari. Benda ini berbahan kayu, biasanya dibuat di Cirebon, Bali, Bandung, Yogyakarta, atau Surakarta. Tiap topeng punya motif dan kekhasan yang beda-beda. Kayu yang digunakan pun tak semuanya sama, tapi yang paling sering dipakai adalah kayu pule atau kayu sengon. Ini karena keduanya lebih mudah dicari dan lebih mudah diukir dan dilukis.

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *