Tujuh Perusahaan dengan Skandal Terbesar di Dunia

Perusahaan dengan Skandal Terbesar di Dunia
0 Komentar

Jajaran perusahaan berikut merupakan perusahaan yang terkenal dan bahkan terbesar di dunia. Namun sayangnya, perusahaan ini tersandung berbagai skandal bahkan salah satunya mencengangkan. Rata-rata skandal berasal dari permainan internal perusahaan itu sendiri.

Mulai dari Bernie Madoff hingga Volkswagen, berikut Perusahaan dengan Skandal Terbesar di Dunia :

  1. Skandal emisi Volkswagen

Estimasi kerugian: mencapai USD87 miliar

Salah satu produsen mobil terbesar di dunia, Volkswagen, belakangan terkena skandal dengan melakukan kecurangan terhadap tes emisi diesel. Volkswagen mengakui kecurangan tes emisi diesel tersebut untuk produksi mobilnya yang ada di Amerika dan Eropa.

Baca Juga:Meski Pandemi, Asupan Gizi untuk Bumil dan Balita Harus Tetap Terjamin5 Klub Liga 1 yang Masih Bertahan dan Belum Bubarkan Tim

Skandal tersebut dilakukan oleh mantan CEO Volkswagen, Martin Winterkorn. Kini, perusahaan sedang diselidiki oleh otoritas di berbagai negara. Credit Suisse memperkirakan, total biaya atas skandal yang dilakukan perusahaan bisa mencapai 78 miliar euro atau setara USD87 miliar.

  1. Skandal akuntansi WorldCom

Estimasi kerugian: USD107 miliar dalam aset

WorldCom, perusahaan telepon saluran jarak jauh nomor dua terbesar asal Amerika Sreikat (AS), mengajukan kebangkrutan pada 2002 setelah aset para jajaran eksekutif mereka terungkap. Adapun kenaikan kekayaan tersebut berasal dari aset perusahaan yang mencapai USD11 miliar melalui permainan cerdik keuangan yang dilakukan para eksekutif perusahaan.

Puluhan ribu pekerja kehilangan pekerjaan akibat skandal tersebut. Bernard Ebbers, mantan CEO WorldCom, dijatuhi hukuman 25 tahun penjara pada 2005.

  1. Skandal akuntansi Enron

Estimasi kerugian: USD74 miliar

Perusahaan energi raksasa, Enron bangkrut pada 2001. Hal ini menjadi kebangkrutan terbesar dalam sejarah AS. Perusahaan ini bangkrut akibat skema penipuan akuntansi yang spektakuler, didalangi oleh para eksekutif perusahaan.

Ribuan karyawan Enron mendapati dana pensiun yang harusnya mereka dapatkan, lenyap hanya dalam kurun waktu semalam, dan saham perusahaan jatuh dari USD90,75 menjadi USD0,67 masuk dalam daftar Perusahaan dengan Skandal Terbesar di Dunia.

  1. Skema Ponzi yang dilakukan Bernie Madoff

Estimasi kerugian: USD20 miliar

Bernie Madoff merampok ribuan investor senilai USD20 miliar melalui skema Ponzi yang paling terkenal dalam sejarah. Sebagaimana diketahui, Skema Ponzi merupakan modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi.

0 Komentar