Ekosistem Data, Berpotensi Langgengkan Hegemoni Korporasi

Ekosistem Data, Berpotensi Langgengkan Hegemoni Korporasi
0 Komentar

Maka dari itu, seperti solusi untuk mengatasi cyber crime yaitu dengan membuat satu sistem keamanan yang kuat. Begitupun dalam mengatasi kebocoran data tersebab penguasanya sendiri yang menjualnya pada korporasi, harus dibuat satu sistem pemerintah yang fokus kerjanya melindungi umat. Sehingga data-data yang dapat merugikan umat dan negera akan terlindungi.

Sistem politik demokrasi jelas tak bisa diandalkan dalam hal ini, karena penguasa dalam sistem ini tegak dengan bantuan korporasi. Begitupun sistem kapitalisme yang menjadi ruh tata kelola perekonomian, menjadikan SDA milik umat sah dimiliki asing. Padahal pemilik sah SDA adalah umat, bukan negara. Negara tidak boleh menjualnya.
Institusi Islam Melindungi Data dan Umat.

Oleh karena itu, penting untuk menghadirkan institusi pelindung umat, agar arah kebijakannya berfokus pada kemaslahatan umat. Satu-satunya sistem yang dapat melindungi umat dengan hakiki dan mengurusi umat dengan sepenuh hati adalah sistem yang berdasarkan syariat Islam yang dipimpin oleh seorang Khalifah. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Saw :

Baca Juga:Harga Pangan Melambung, Emak-Emak BingungBupati Banyumas Achmad Husein Undang Dr Aqua Dwipayana Motivasi Ribuan Jajarannya

“Imam (Khalifah) adalah raa’in (pengurus rakyat) dan ia bertanggung jawab atas pengurusan rakyatnya.” (HR al-Bukhari)

”Sesungguhnya al-Imam (Khalifah) itu perisai, di mana (orang-orang) akan berperang di belakangnya (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan) nya.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dll)

Dari kedua hadist di atas, telah jelas Allah Swt memosisikan peran Khalifah sebagai pelindung umat dari musuh yang menghegemoni. Dan juga berperan sebagai ra’in atau pengurus umat, yang dengannya akan terselesaikan lah seluruh urusan umat.
Sistem politik Islam yang berdaulat tanpa campur tangan korporasi akan memproduksi kebijakan yang pro rakyat.

Begitupun sistem ekonominya yang mandiri dan membatasi kepemilikan, akan mencegah masuknya korporasi untuk menguasai SDA. Sehingga data akan terlindungi dan digunakan semata untuk kemaslahatan umat.

Laman:

1 2 3
0 Komentar