Dinilai Belum Optimal, DKUPP Usulkan Pembentukan BUMD untuk Kelola Pasar

Kepala DKUPP Kabupaten Subang
0 Komentar

SUBANG-Rencana usulan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola pasar milik pemda mengemuka. Rencana itu datang dari internal Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang.

Rencana pembentukan BUMD itu dilatarbelakangi dengan pengelolaan pasar milik Pemda yang belum optimal pengelolaannya. Pengelolaan belum optimal itu alhasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) minim.

Kepala DKUPP Kabupaten Subang H Dadang Kurnianudin mengatakan, ada 15 pasar tradisional milik pemerintah daerah. Pengelolaan pasar tersebut dinilai belum optimal.

Baca Juga:Bangun Jalan Cor Mudahkan Mobilitas PetaniBabinsa Tangkap Pengedar Narkoba, Amankan Pelaku dan Barang Bukti

“Maka dari itu kita rencanakan bentuk satu BUMD pengelolaan pasar untuk mengelola 15 unit pasar tradisional Pemda Subang,” katanya kepada Pasundan Ekspres, Kamis (22/4).

Dadang menjelaskan, rencana pembentukan BUMD tersebut masih dalam proses diskusi di internal DKUPP. Menurutnya, pembentukan BUMD itu perlu agar pengelolaan pasar jauh lebih maksimal.

“Kita diskusikan dengan internal kita, bagimana pembentukan BUMD untuk pengelolaan pasar, baik kelembagaannya ataupun bisnisnya,” ujarnya.

Dadang menuturkan, dengan terbentuknya BUMD maka pengelolaan pasar menjadi lebih maksimal baik dari sisi sarana, akses maupun tata kelola pasar tradisional. Pelayanan maksimal akan didapatkan oleh para pedagang dan juga pembeli.

“Dengan layanan yang optimal tentunya imbalannya adalah penerimaan retribusi sebagai kompensasi atas pelayanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pasar DKUPP Subang Junaidi mengatakan, dari 15 pasar tradisional milik Pemda Subang sudah ada beberapa yang diusulkan untuk direvitaliasi. Dengan begitu pengelolaan pasar dapat lebih optimal, sehingga menghasilkan pemasukan kepada Pemda.(ygo/ysp)

INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES

TRANSAKSI: Seorang pedagang sayuran dan bumbu dapur saat bertransaksi pelanggannya di Pasar Pujasera Subang, beberapa waktu silam. DKUPP berencana agar ada BUMD untuk mengelola pasar tradisional milik Pemda.

Grafis

Pasar Tradisional Milik Pemda Subang

  1. Pasar Terminal Subang
  2. Pasar Baru Terminal subang
  3. Pasar Inpres Pagaden
  4. Pasar Plaza Pagaden
  5. Pasar Wates Binong
  6. Pasar Pusakajaya
  7. Pasar Pamanukan
  8. Pasar Ciasem
  9. Pasar Purwadadi
  10. Pasar Pabuaran
  11. Pasar cipendeuy
  12. Pasar Cisalak
  13. Pasar Sagalaherang
  14. Pasar Tanjungsiang
  15. Pasar Pujasera Kota Subang
0 Komentar