Sempat Tertunda, Bantuan Kemensos Segera Disalurkan oleh PT Pos

Editor:

SUBANG- PT Pos Indonesia Pagaden akan segera menyalurkan program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 1.016 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BST itu merupakan bantuan Covid-19 tahap 12 dan 13 dari Kemensos yang sebagian belum tersalurkan atau terpending.

Sementara jumlah yang sudah tersalurkan sebanyak 8.799 KPM tahap 12 dan 13 dengan nominal sebesar Rp 600 per KPM.

Bantuan Kemensos susulan tahap ke 12 dan 13 untuk  bulan Maret  dan April Tahun 2021 bagi warga  terdampak pandemik Covid-19  untuk 1.016 kepala keluarga (KK) itu terdapat di dua kecamatan yaitu  Pagaden dan Pagaden Barat.

Kepala Pos Pagaden Asep Wahyudin  mengatakan,  penyaluran BST Kemensos yang akan disalurkan hari Selasa (27/4) merupakan BST Kemensos susulan  tahap ke 12 dan 13. Seharusnya bantuan tersebut diterima awal April, namun nama-nama KPM tersebut tidak muncul dan harus diverifikasi data kependudukanya terlebih dahulu.

Kemudian berdasarkan hasil verifikasi, data yang valid sebanyak 1.016 KPM yang  terbagi di dua kecamatan. Antara lain Kecamatan Pagaden sebanyak 228 KPM dan Pagaden Barat sebanyak 753 KPM.

Sebelumnya kata Asep, Pos Pagaden telah menyalurkan BST Kemensos tahap ke 12 dan 13 bagi 8.799 KPM, besaran penerima masing masing KPM mendapatkan Rp600 ribu untuk dua bulan Maret dan April.

“Ya kita sudah salurkan untuk 8799 KPM, yang terpending 1016 KPM Selasa ini,” kata Asep.

Dia  menjelaskan,  proses penyaluran BST Kemensos susulan ini akan dibagikan di masing-masing  desa penerima manfaat. Selain meringankan beban masyarakat karena jarak tempuh ke Kantor Pos lumayan jauh, a juga menghindari kerumunan orang.

“Bagi  penerima manfaat yang mau ngambil bantuan BST Kemensos wajib  mematuhi aturan protokol kesehatan,  memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu yang telah disediakan oleh Satgas Covid-19 di desa setempat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Cidadap Taswan Sucipto  mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial dan Kantor Pos Pagaden, yang telah kembali menyalurkan BST Kemensos susulan kepada 100 KPM untuk Desa Cidadap  hasil verifikasi data.

“Mudah-mudahan bansos ini bisa bermanfaat untuk keperluan belanja di bulan puasa dan lebaran,”  tutur Taswan.

Asep warga Desa Cidadap, sebelumnya sempat kecewa karena dirinya tidak terdaftar sebagai penerima BST Kemensos tahap 12 dan 13. Padahal setiap pembagian BST Kemensos dirinya selalu mendapatkan.

“Ya Alhamdulilah pada BST Kemensos susulan ini nama kami  terdaftar sebagai penerima manfaat.  Ya lumayan lah pak bisa membantu ekonomi untuk keperluan bulan puasa dan lebaran,” ujar Asep.(dan/ysp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.