Pendidikan Usia Dini Masih Di Bawah 60 Persen

Pendidikan Usia Dini Masih Di Bawah 60 Persen
0 Komentar

PURWAKARTA-Penyelenggaraan Pendidikan Usia Dini (Paud) di Kabupaten Purwakarta, masih di bawah 60 persen. Hal itu diungkapkan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meresmikan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Cendekia yang beralamat di Jl. Veteran, Gang Soka, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Selasa (4/5).

Menurutnya, pendidikan anak usia dini sangat penting. Di sini lah masa golden age, karena itu harus didorong dan dimaksimalkan. “Saat ini persentase penyelenggara pendidikan anak usia dini masih di bawah 60 persen. Namun, terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Dan ini bisa terwujud bila semua pihak memiliki komitmen yang sama,” ujarnya.

Ambu Anne, panggilan akrab bupati, mengapresiasi Yayasan Sumber Daya Insani (Yasri) yang terus menunjukkan konsistensinya terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Purwakarta. “Pak Haji Agus (Ketua Dewan Pembina Yasri) kembali melakukan terobosan yang berdampak positif dalam pembangunan sumberdaya manusia. Sukses merintis SDIT dan SMPIT Cendekia, juga SMK Bina Budi, kini sukses mendirikan TKIT Cendekia,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:MURAQABAHKetahanan Pangan Digempur Industrialisasi, Pemkab Pertahankan 86.000 Ha Lahan Produktif

Ia pun kembali mengapresiasi Yasri yang sukses membentuk siswa unggul dan cerdas dengan sederet prestasi. “Ini pun didukung dengan tempat representatif yang luas dan terbuka. Semoga bisa maksimal memberikan pendidikan kepada anak usia dini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yasri Purwakarta Dr H Agus Muharam MPd mengisahkan, setahun lalu dirinya pernah meminta kepada Ambu Anne untuk menandatangani prasasti peresmian TKIT Cendekia. “Alhamdulillah hari ini bisa terwujud,” kata H Agus.

Mengelola TKIT Cendekia, sambungnya, memiliki tantangan tersendiri. Terlebih Dinas Pendidikan berpesan agar TKIT Cendekia harus memberikan pendidikan secara holistik. “Ini sejalan dengan visi kami membina ilmu, iman, dan amal,” ujarnya.

Lebih lanjut H Agus menyebutkan, TKIT Cendekia memiliki keunggulan dalam membentuk watak, mental dan karakter anak. Siswa juga dimotivasi untuk bisa baca Alquran yang dimulai dengan Iqra 1 – 6, sehingga dapat tumbuh rasa cinta terhadap Alquran. “Selain itu, siswa juga belajar praktik salat dan diberikan nilai-nilai dasar Islam. Diharapkan pada saat lulus nanti sudah bisa baca Alquran,” ucapnya.(add/sep)

0 Komentar