Harga Kebutuhan Pokok Terus Merangkak Naik

Editor:

CIMAHI-Mendekati Lebaran, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Cimahi mulai mengalami kenaikan. Salah satunya daging sapi yang kini dijual kisaran Rp140.000 – Rp145.000 /kilogram. “Hari ini naik jadi sekitar Rp140-145 ribu/kilogram. Waktu munggahan sudah naik dari asalnya Rp120.000 menjadi Rp130.000 /kilogram, ternyata sekarang naik lagi,” kata Dirham (38) salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Cimindi, Kota Cimahi, Minggu (9/5).

Walau sudah dianggap biasa, dia memperkirakan harga daging sapi akan kembali mengalami kenaikan antara dua atau tiga hari jelang Lebaran. Meski harganya meroket, permintaan daging sapi di kiosnya masih cenderung tinggi. “Sudah biasa naik harga, tapi tahun sekarang naiknya sejak seminggu sebelum Lebaran. Tahun-tahun lalu biasanya naik harga antara 2-3 hari mau Lebaran,” ujarnya.

Soal pasokan, Dirham mengaku jika saat ini cukup melimpah. Hanya saja harga daging sapi di tingkat bandar sudah mengalami kenaikan. “Saya biasa beli di Ciroyom atau Andir. Harapannya sih harganya bisa bertahan, tapi dari sananya sudah naik,” lanjutnya.

Berdasarkan laporan UPTD Pasar Kota Cimahi, harga daging sapi di hampir semua pasar tradisional sudah mengalami kenaikan. Selain daging sapi, harga daging ayam juga naik dari Rp37.000 menjadi Rp38.000 /kilogram.

Pedagang sembako di Pasar Cimindi, Ujang mengungkapkan, harga telur yang semula Rp24.000 sekarang naik menjadi Rp 25.000/kilogram. Menurut dia, kenaikan diduga pasokan yang berkurang, ditambah dengan melonjaknya permintaan jelang Idulfitri. “Telur naik, mungkin karena banyak warga yang membuat kue,” bebernya.

Sementara itu, sejumlah bahan kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan harga di antaranya cabai merah dari asalnya Rp30.000 menjadi Rp60.000 /kilogram, kemudian kentang Rp14.000 /kilogram. Sedangkan cabai rawit stabil di Rp40.000 /kilogram.

Kenaikan sejumlah komoditi juga naik di Pasar Panorama Lembang. Siti pembeli yang datang ke Pasar Lembang mengungkapkan, harga daging ayam yang ia beli mengalami kenaikan. Saat ini kisaran Rp32.000-38.000, harga kelapa parut mendekati idul fitri naik semula Rp16.000/Kg kini mengalami kenaikan menjadi Rp19.000/Kg. “Hampir semuanya naik, terutama bahan utama memasak. Saat ini minyak goreng aja menjadi Rp15.000 asalnya Rp14.000, telor dikisaran Rp28.000 itu kemarin, sekarang kayanya udah naik lagi,” ucapnya.

Kepala Pasar Panorama Lembang Aditya mengakui ada lonjakan pembeli sejak H-7, hampir merata para pedagang mendapat berkah ramadhan. “Kami pantau ada lonjakan pembeli, namun untuk puncaknya diprediksi sekitar H-3, dan kami sudah siapkan antisipasinya jika membludak, kami akan tutup jika pasar udah penuh, dan akan perketat protokol kesehatan,” jelasnya.(eko/sep)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.