oleh

Berikut Lima ikan yang Bagus untuk Dipelihara untuk Hobi

Melihara ikan adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh banyak orang, berikut adalah daftar ikan yang bagus untuk dipelihara.

Ikan Mas Koki

Ikan mas hias atau Carassius auratus adalah ikan yang paling populer dan banyak dipelihara di akuarium. Ikan mas hias merupakan ikan yang berasal dari air tawar berwarna oranye dan memiliki sirip ekor ganda karena mutasi.

Ikan ini pertama kali berhasil dipelihara di China seribu tahun yang lalu. Ikan ini tipikal ikan yang akan terus makan saat diberi makan dan baru berhenti saat makanan habis.

Jadi disarankan untuk tidak berlebihan dalam memberinya makan karena akan membahayakan kesehatan ikan tersebut. Ikan mas koki sendiri memiliki banyak jenis, harganya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 70.000-an ribu rupiah

Ikan Arwana

Apabila Anda mendengar nama ini, tentu saja Anda akan mengingat salah satu komedian Indonesia yaitu Tukul Arwana. Ikan Arwana ini atau dengan nama ilmiah Scleropages formosus memiliki banyak nama di kalangan masyarakat. Ada yang menyebutnya siluk merah, ikan naga atau pun ikan khayangan.

Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan hidup di air tawar. Tubuh ikan ini berukuran panjang dan kerap dihubungkan dengan naga di mitologi Tionghoa. Namun sayangnya ikan ini mulai terancam punah karena terlalu banyak diambil dari habitat aslinya.

Ikan arwana yang harganya paling murah adalah jenis arwana silver yang dijual mulai Rp 30.000. Sementara Arwana Platinum menjadi jenis arwana yang paling mahal dengan harga yan bisa mencapai Rp 5,7 miliar.

Ikan Koi

Ikan koi adalah ikan yang biasa digunakan sebagai symbol cinta dan persahabatan. Ikan ini masuk dalam jenis ikan mas (Cyprinus carpio). Ikan koi banyak dirawat di kolam maupun akuarium karena keindahan coraknya. Ikan ini juga biasa disebutatau nishikigoi atau yang berarti bersulam emas.

Rata-rata ikan koi bisa hidup hingga 30 tahun. Karena umurnya yang panjang, di Jepang ikan koi biasa dijadikan teman seumur hidup. Harga ikan koi pun masih terjangkau yaitu kisaran Rp 40.000 hingga Rp 400.000 tergantung umur, ukuran, dan coraknya.

Ikan Cupang

Siapa yang tidak mengenal jenis ikan yang satu ini. Ikan cupang atauBetta sp adalah ikan asli yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Ikan sangat mudah dipelihara karena merupakan salah satu jenis ikan yang kuat bahkan bisa hidup tanpa sirkulasi udara di akuarium.

Ikan cupang ini memiliki banyak jenis dengan banyak warna sirip yang memukau. Harganya pun beragam, yaitu mulai dari Rp 50.000 hingga mencapai Rp 20.000.000 rupiah.

Ikan Manfish

Ikan manfish atauikan angelfish merupakan salah satu ikan hias yang cukup popular dan digemari untuk dipelihara. Ikan yang memiliki nama latin Pterophyllum scalareini berasal dari daerah Amerika Selatan.

Ikan ini merupakan ikan karnivora sehingga tidak sembarangan bisa memberikannya makanan. Ikan ini cukup unik karena kebiasaannya menata telurnya secara berjajar dengan barisan yang rapi.

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *