Spirit Adaptasi 2: Tatiana Bakalchuk

Spirit Adaptasi 2: Tatiana Bakalchuk
Tatiana Bakalchuk, pendiri penjualan ritel online Wildberries asal Rusia. foto: dok wildberries.
0 Komentar

Di perusahaannya itu, Tatiana juga tidak punya ruangan khusus. Ia pun tidak mau mengungkapkan mobil apa yang ia kendarai. Padahal memiliki kekayaan Rp16 triliun!

Bakalchuck membangun perusahaan ritel online pertama di Rusia terinspirasi dari katalog online Jerman Otto yang menawarkan fashion. Tahun 2004 itu ia berhenti mengajar sebagai guru bahasa Inggris karena harus membesarkan anaknya. Selain itu, tinggal di sebuah pemukiman rumah susun (flat) juga menyulitkan Tatiana muda untuk pergi belanja.

Untuk memenuhi kebutuhan dirinya sebagai wanita yang baru melahirkan, ia harus selalu minta tolong kepada suaminya Vladislav yang berprofesi sebagai teknisi perusahaan IT. Karena saking cintanya kepada sang istri, Vladislav akhirnya berhenti bekerja. Keluarga itu, terutama ide dari Tatiana akhirnya memutuskan untuk mendirikan usaha online. Menjajakan pakaian lewat internet.

Baca Juga:97 Ribu PNS Gaib, Sultan: Pemerintah Kebobolan Bayar Gaji dan Iuran yang Nyatanya ASNnya FiktifGus Ahad: Pembelajaran Tatap Muka Bukanlah Acuan Prestasi

Nantinya, perusahaan IT tempat suaminya bekerja itu berperan besar mengembangkan teknologi penjualan Wildberries.

Nama Wildberries belum lahir. Tatiana bekerja keras mencari barang-barang fashion ke berbabagi negara di Eropa. Strategi pertamanya menjual barang bermerek di Eropa yang sudah digudangkan. Ia pun memberikan diskon besar dan melawan tradisi penjualan perusahaan rintisan online di Rusia yang saat itu sudah ada. Yaitu: penjualan tanpa uang muka. Sementara yang lain, harus selalu membayarkan uang muka.

Budaya di Rusia lainnya: orang Rusia tidak suka membeli pakaian secara online karena harus dicoba dulu. Maka, di awal berdirinya perusahaan Wildberries Tatiana tidak kehilangan akal, ia mendirikan spot mencoba pakaian (seperti fitting room) sebanyak-banyaknya di berbagai kota di Rusia. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Penjualan meningkat tajam.

“Apa modal Anda saat itu?” tanya Jurnalis.

“Modal saya adalah dukungan suami, karyawan pertama saya dan modal sekitar 700 dollar. Dari jumlah itu disisihkan untuk iklan 70 dolar. Saya sudah memiliki menggambarkan dunia (usaha) seperti yang saya pikirkan,” jawab Tatiana.

“Anda seorang guru bahasa Inggris, bukan lulusan master bisnis. Lalu bisa menjadi seperti Jack Ma. Lingkungan seperti apa yang membentuk Anda?” tanya jurnalis lagi.

0 Komentar