Spirit Adaptasi 2: Tatiana Bakalchuk

Spirit Adaptasi 2: Tatiana Bakalchuk
Tatiana Bakalchuk, pendiri penjualan ritel online Wildberries asal Rusia. foto: dok wildberries.
0 Komentar

DUNIA menciptakan kebetulan yang mengejutkan. Tuhan mengaturnya. Dua guru bahasa Inggris jadi miliarder dunia. Pertama, Jack Ma di China menjadi pemilik Ali Baba atau Ant Group-perusahaan penjualan online. Kedua, Tatiana Bakalchuk ‘wanita misterius’ pemilik Wildberries di Rusia.

Masa lalunya sama-sama guru bahasa Inggris. Kini keduanya punya perusahaan penjualan online yang menyebar ke seluruh dunia. Jack Ma mendirikan Alibaba tahun 1999 sedangkan Tatiana mendirikan Wildberries di tahun 2004. Jack Ma keturunan China, usaha di China. Tatiana keturunan Korea, menjadi warga Rusia dan berbisnis di Rusia.

Kekayaan Jack Ma tahun ini 46 miliar USD, kekayaan Tatiana 1,2 miliar USD atau sekitar Rp16 triliun. Menjadi wanita kedua terkaya di Rusia setelah Yelena Baturina yang pengusaha real estate.

Baca Juga:97 Ribu PNS Gaib, Sultan: Pemerintah Kebobolan Bayar Gaji dan Iuran yang Nyatanya ASNnya FiktifGus Ahad: Pembelajaran Tatap Muka Bukanlah Acuan Prestasi

Tidak disebutkan di mana Tatiana sekolah, dibesarkan, kapan orang tuanya datang ke Rusia. Tidak banyak pula media yang menyebut nama Tatiana. Saya telusuri hanya ada beberapa media saja yang menulisnya. Di antaranya rusia today, beyond rusia dan artikel pendek di Forbes. Bahkan isinya tidak jauh beda.

Wajar kalau media menyebutnya wanita misterius. Bahkan ada yang menyebutnya wanita fiksi. Hal itu yang membuat Tatiana akhirnya mau diwawacara media.

Beruntung saya bisa menemukan wawancara video panjang jurnalis rusia today dengan Tatiana. Tempatnya di gudang pengepakan milik Wildberries. Beruntung pula ada terjemahan bahasa inggris-nya. Menurut sang jurnalis, bahkan ia harus tiga kali membujuk Tatiana untuk mau diwawancara.

Tatiana mengaku akhirnya mau diwawancara setelah banyak media menyebut dirinya tidak ada, hanya fiksi atau sosok imaji. Alias tidak ada wujud aslinya atau ciptaan. Seperti kita mengetahui lukisan Monalisa yang misterius itu.

Ternyata Tatiana benar-benar ada. Benar pendiri Wildberries, perusaan ritel online pertama di Rusia. Menguasai 4,7 pasar online di Rusia. Urutan ketiga setelah perusahaan serupa: Alibaba (8,5 %) dan Yandex Market (10%).  Di video itu, Tatiana tidak seperti gambaran wanita miliarder pada umumnya.

Badannya pun gempal, tidak modis. Rambut pendek tanpa make up. Celana sobek di lutut seperti ABG zaman sekarang. Tangan digulung, tanpa jam tangan bermerek apa lagi perhiasan berlian. Style-nya tidak jauh berbeda dengan wanita pekerja di perusahaannya.

0 Komentar