Pertanian Ada di Tangan Milenial, Program YESS Perlu Dimanfaatkan

Editor:

SUBANG-Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat H Otong Wiranta menilai program Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services (YESS) perlu dimanfaatkan generasi muda untuk mengembangkan dunia pertanian.

Apalagi Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, perlahan generasi milenial mulai tertarik berkiprah di sektor pertanian.

YESS adalah program untuk para pemuda untuk mau mampu dan tertarik untuk bergelut dalam dunia pertanian.

“Jadi program ini dapat diakses untuk anak muda, tidak hanya sarjana tapi pengangguran juga bisa ikut didalamnya,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam upaya mempercepat regenerasi petani dibutuhkan sosok figur milenial sukses di sektor pertanian. Termasuk sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia.

“Pertanian sekarang itu dengan teknologi yang berkembang dan potensi serta peluang yang besar perlu dimanfaatkan oleh para pemuda atau milenial ini dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.

Pertanian modern saat ini memiliki banyak aspek dari mulai A sampai Z atau dari mulai tanam hingga panen.

“Contoh sederhana yakni penggunaan combain ketika panen. Anak muda bisa ikut di dalamnya dalam menyediakan jasa sewa. Sebab saat ini juga banyak yang sudah menggunakan itu,” imbuhnya.

Dengan begitu para anak muda atau milenial ini tidak hanya bertani juga termasuk ikut berwirausaha di dalamnya.

“Program YESS sendiri juga berkaitan erat dengan perubahan mindset. Jadi diharapkan, program YESS ini makin memunculkan petani-petani muda yang akan terus memajukan dunia pertanian,” ujarnya.(ygi/ysp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.