Aplikasi “Lapor Kang Hengky” Tampung Aspirasi Warga KBB

Aplikasi Lapor Kang Hengky
DOK. IG HENGKY KURNIAWAN DENGAR ASPIRASI: Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menerima langsung aspirasi masyarakat saat audiensi dengan Perwakilan Pengurus RW se-Kabupaten Bandung Barat.
0 Komentar

NGAMPRAH-Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan kembali meluncurkan aplikasi palayanan untuk menampung berbagai aspirasi, keluh kesah atau usulan dari masyarakat. Aplikasi itu akan diberi nama “Lapor Kang Hengky” yang akan mempermudah masyarakat untuk berkomunikasi dua arah dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. “Aplikasi ini bisa mmembuat saya berkomunikasi dua arah dengan masyarakat, untuk menampung aspirasi, keluh kesah atau usulan dari masyarakat Bandung Barat,” kata Hengky, Senin (21/6).

Secara teknis, kata dia, komunikasi melalui aplikasi ini terhubung langsung dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Telematika (Kominfotik). Sehingga dirinya bisa melihat secara langsung kinerja pegawai dalam merespon aspirasi masyarakat. “Dalam aplikasi ini, kita ingin melihat kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam merespon aspirasi masyarakat. Jika lambat, tentu ada rapot merah serta sanksi yang diberikan baik pengurangan maupun penundaan Tunjangan Kinerja (Tukin),” ungkapnya.

Ia menyatakan, aplikasi “Lapor Kang Hengky”, sebagai salah satu bentuk layanan Pemkab Bandung Barat untuk mempermudah tindak lanjut dari aspirasi, keluhan masyarakat. Melalui aplikasi inipun, pihaknya bisa mengetahui keluhan masyarakat dengan cepat. Kemudian, OPD harus bisa menindaklanjutinya secara cepat pula yakni antara tiga-empat hari. “Nantinya keluhan masyarakat tersebut akan sampai dan terkoneksi ke Menpan-RB dan selanjutnya kita tindaklanjuti,” jelasnya.

Baca Juga:Gracia Indri: Stadion Lain Sudah Bisa 60.000 PenontonWaspada! Varian Delta Lebih Cepat Menyebar, 1.157 BOR RSUD Terisi Penuh

Rencananya, aplikasi Lapor Kang Hengki, jika tidak ada halangan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Ia berharap para OPD harus sigap menyikapi keluhan atau aspirasi dari masyarakat, sebagai wujud pelayanan pemerintah bagi masyarakatnya. “Saya minta OPD untuk gercep (gerak cepat) apabila ada keluhan atau aspirasi dari masyarakat. Kita ingin KBB lebih baik lagi,” pungkasnya.(sep)

.

0 Komentar