Dinas Kesehatan Kerahkan Beragam Cara Tekan Penyebaran Covid-19

0 Komentar

SUBANG-Sebanyak 6.966 masyarakat Kabupaten Subang terkonfirmasi positif hingga Rabu (23/6). Dengan kesembuhan mencapai 88 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi mengatakan, telah melakukan berbagai upaya guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang. Saat ini jumlah kasus Covid-19 belum mengalami penurunan. Angka kenaikan kasus positif perharinyadi atas 50 orang.

“Rencana strategis kita akan optimasi Satgas dari tingkat RT, hingga Kabupaten dengan tupoksi dibagi. Contohnya patroli dua kali sehari pagi dan malam atau sore. Selain itu Satgas di tingkat RT juga melakukan edukasi kepada masyarakat terkait 5M dan protokol kesehatan,” ujar Maxi ketika dihubungi Pasundan Ekspres, Kamis malam (24/6).

Baca Juga:Ajak Masyarakat Sukseskan VaksinasiBerdayakan Kelompok Wanita Tani Wujudkan Ikon Lokal

Maxi menjelaskan, saat ini tiap dinas di Kabupaten juga punya tanggungjawab khusus yaitu pembinaan tiap Kecamatan yang ada di Subang.

“Satu dinas itu punya tanggungjawab satu kecamatan, jadi nanti misalnya Dinas Pertanian kebagian kecamatan mana, Satgas di kecamatan itu pembinaannya tanggungjawab dia,” imbuhnya.

“Kasus OTG kami sepakat untuk melakukan pengawasan, tempatnya bisa di aula desa atau sekolah atau asrama yang tidak dipakai. Yang bergejala sedang akan ditujukan kepada Puskesmas sebagai pelapis kedua. Kasus berat dirujuk ke rumah sakit swasta dan RSUD,” kata dia.

Selanjutnya, teknis isolasi mandiri pun juga dievaluasi, dimana masyarakat yang tempat tinggalnya tidak memenuhi standar isolasi akan dilakukan isolasi terpusat.

“Pelaksanaan isolasi terpusat kemarin kita sudah cek, akan dilakukan di Lanud Suryadarma Kalijati dengan begini kami harap penanganan akan lebih optimal,” pungkasnya.(idr/ysp)

 

0 Komentar