Pemindahan Tempat Pembuangan Sampah Sementara di Pamanukan Jangan Timbulkan Masalah Baru

Pemindahan Tempat Pembuangan Sampah Sementara di Pamanukan Jangan Timbulkan Masalah Baru
YOGI MIFTAHUL FAHMI PASUNDAN EKSPRES SAMPAH: Petugas saat melakukan pengukuran lahan yang akan digunakan tempat pembuangan sampah sementara di Pamanukan, beberapa waktu lalu.
0 Komentar

SUBANG-Rencana pemindahan tempat pembuangan sampah sementara di Pamanukan jadi perhatian Anggota DPRD Fraksi PAN Albert Anggara Putra. Pemindahan itu diharapkan dapat berjalan efektif dalam menekan sampah sehingga membuat pengelolaan sampah di Pamanukan menjadi lebih baik.

Albert menyebut, rencana pemindahan lokasi TPS terbaru yang semula ada di Jalan Cece Zakaria akan dipindahkan ke dekat jembatan Jalan Lingkar Pamanukan dekat pertigaan Panorama, harus dijalankan secara efektif.

“Kalkulasi soal akses, kemudahan serta pengelolaan nanti harus betul-berul diperhatikan,” imbuhnya.

Baca Juga:Harga Mangga Tak Semanis Buahnya, Ini Harapan PetaniKerja Extraordinary Tangani Pandemi, Bupati Minta Semua Pihak Diminta Gotongroyong

Menurutnya, pemindahan tempat pembuangan sampah sementara merupakan ide bagus. Asalkan pemindahan itu tidak lantas memindahkan persoalan baru.

“Kalau hanya sekedar dipindahkan tapi armada yang dikerahkan tidak maksimal sama saja bohong, jadi pengangkutannya juga harus efektif,” terang Albert.

Disisi lain, ketika tempat pembuangan sampah sementara tersebut telah pindah, lokasi tempat pembuangan sampah sementara lama yang berada di Jalan Cece Zakaria juga harus disterilkan.

“Tetap pengawasan harus ada, takutnya masih ada pihak yang sengaja membuang sampah disitu,” ujar Albert.

Kasi Trantib Kecamatan Pamanukan Otong Muayad mengatakan, rencana pemindahan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Hanya saja, sebagai pemerintahan setempat, pihak kecamatan membantu dan mensupport hal-hal yang diperlukan.

“Ini DLH yang melaksanakan, nah kita yang di wilayah sifatnya membantu,” ucap Otong.

Saat ini, upaya pembersihan sampah di lokasi lama terus dilakukan dengan menerjunkan alat berat serta armada pengangkutan sampah.

Baca Juga:Tabung Oksigen Langka, DPRD: Segera TuntaskanSisir Aliran Irigasi, Tim SAR Masih Mencari Jasad Akbar

“Alat beratnya datang kemarin sore, sedangkan mobil baru datangnya Maghrib. Tapi baru maksimal melakukan pengangkutan pada Senin tadi (28/6). Jadi kegiatannya membersihkan sampah secara total dilokasi lama dulu,” ungkapnya.

Setelah lokasi lama steril, secara bertahap, lokasi baru akan disiapkan. Lokasi tersebut juga telah dilakukan pengukuran. Rencananya luas untuk lahan tempat pembuangan sampah sementara tersebut berukuran 50 meter x 15 meter.

“Lokasinya kalau dari jalan Pantura itu sebelum jembatan sebelah kanan, kalau dari jembatannya sebelelah selatan jembatan,” ucapnya.(ygi/ysp)

 

0 Komentar