Idul Adha 2021 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwalnya

Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah
Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah
0 Komentar

Idul Adha 2021 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwalnya. Hasil sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijjah 1442 H telah ditetapkan pada hari Selasa, tanggal 20 Juli 2021 mendatang. Keputusan tersebut telah disampaikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, pada Sabtu (10/7).

“Hilal terlihat atau teramati. Sehingga satu Zulhizah ditetapkan jatuh pada Ahad 11 Juli 2021 Masehi. Dengan begitu hari raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 Masehi,” kata Yaqut.

Sidang Isbat dengan Protokol Kesehatan

Sidang isbat tersebut digelar secara terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sidang isbat tersebut diawali dengan pemaparan posisi hilal oleh tim dari Kemenag RI. Selanjutnya dilakukan sidang tertutup.

Baca Juga:Jelang Idul Adha, Harga Kepokmas di Subang Masih StabilHari Bhakti Adhyaksa ke -61 Kejari Subang Gelar Vaksinasi ke 150, Peserta Dibagi Sembako

“Keputusan ini berdasarkan dari pemantauan hilal. Data di pos pengamatan Pelabuhan Ratu, tinggi hilal 3,09 derjat, jarak busur bulan-matahari 4,99 derjat. Umur hilal, 9 jam 35 menit 26 detik,” lanjut Yaqut.

Data tersebut juga telah memenuhi kriteria dari MABIMS. Yakni tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan-matahari 3 derajat, atau umur hilal minimum 8 jam.

“Umat Islam di Indonesia diharapkan merayakan Hari Raya Idul Adha dengan tenang di tengah situasi pandemi. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan ditiadakan. Ini demi kemaslahatan seluruh umat dan warga negara Indonesia,” terangnya. (Re/Jni)

0 Komentar