Garap Penegasan Batas Desa Tanpa Anggaran  

Garap Penegasan Batas Desa Tanpa Anggaran  
PASUNDAN EKSPRES/INDRAWAM SETIADI CEK LAPANGAN: Para petugas penegasan batas desa saat melakukan pengecekan batas desa.
0 Komentar

SUBANG-Bagian Pemerintahan Setda Subang akan menegaskan batas desa di seluruh Kabupaten Subang. Penegasan batas desa, sudah dikerjakan sejak tahun lalu.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Subang, Wawan. Pengerjaan penegasan batas desa sedang dilaksanakan. “Mulai dari Kecamatan Sagalaherang dan saat ini bergerak hingga ke seluruh desa di Kabupaten Subang,” katanya.

Menurut Wawan, penegasan batas desa ini dilakukan secara mandiri oleh Bagian Pemerintahan. Jika berdasarkan anggaran dari Pemda Subang, justru tidak disediakan slot anggaran.

Baca Juga:DP2KBP3A Kabupaten Subang Siap Sosialisasikan Vaksin Anak dan Ibu HamilKNPI dan BPBD Karawang Canangkan Pemuda Tangap Bencana Perkecamatan

“Kami jalankan secara mandiri, karena ini amanat Kemendagri, yang nantinya akan disahkan melalui Peraturan Bupati,” katanya.

Wawan mengungkapkan, Kabupaten Subang ini belum Perbup Batas Desa. Meski sudah dianggarkan sejak lama, namun mungkin karena bukan prioritas akhirnya harus menunggu. “Dari pada terus-terusan menunggu, kami dari Bagian Pemerintahan Setda Subang menjalankan secara mandiri saja,” ungkapnya.

Pada pelaksanaannya, Wawan menuturkan, untuk tahap pertama ini, yakni kesepakatan antar desa dengan metode karto metrik, tidak memerlukan banyak biaya. Dari keseluruhan tiga tahap prosesnya.

“Tahapan berikutnya yang lumayan memakan biaya. Yakni tahapan kedua, saat ke lapangan, atau penegasan, karena melibatkan ahli juga, kemudian tahap terakhir baru pengesahan,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan pertama tahun lalu berlangsung untuk 3 kecamatan, diantaranya Kecamatan Sagalaherang, Ciater dan Serangpanjang. Dilaksanakan di kantor Kecamatan Sagalaherang dengan penerapan protokoler yang ketat.

Camat Kalijati, Ahmad Hidayat mengapresiasi dengan diadakannya penetapan batas desa tersebut. Hal itu menurutnya, sangatlah urgen untuk dilakukan. Dia berharap, dengan ditetapkannya batas desa itu akan mempermudah bagi setiap desa, termasuk juga Pemcam dalam menetapkan kepentingan administrasi.

“Tentu saja sangat mengapresiasi. Menurut saya, hal ini penting untuk segera ditetapkan. Saya sebagai tuan rumah, hanya memastikan saja jika kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan,” pungkasnya.(idr/vry)

0 Komentar