oleh

Keren, Produk Olahan Pangan SMKN 2 dan Lapas Subang Dijual di Supermarket Yogya

SUBANG-Sejumlah komoditi pangan lokal Subang mulai masuk ke pasar modern. Di antaranya produk pangan dan olahannya yang dijual di Supermarket Yogya Store Subang.

Di Yogya dijual produk pangan seperti sayuran hidroponik, tahu, tempe hingga kue dari olahan buah nanas Dellipel Cake. Produk tersebut sudah lama dijual di toko modern Yogya dan digemari pembeli.

“Kita menerima produk olahan pangan dan UKM khas Subang. Di antaranya ada produk-produk dari SMKN 2 Subang dan sayuran hidroponik dari Lapas Subang. Juga ada buah naga, buah nanas dan kue olahan nanas seperti Dellipel Cake,” ujar Store Manager Yogya Subang, Yeyet Sumiati didampingi Chief Operasional Tresna Gumilang, Kamis (22/7) kepada Pasundan Ekspres.

Menurut Yeyet pihaknya sudah lama menerima produk sayur, buah dan olahan Subang. Setelah melalui proses seleksi dan uji higienis produk. “Sejumlah produk yang masuk dan dijual sudah melalui proses seperti memiliki PIRT dan ada bagian produk kami yang mengecek terlebih dahulu,” tambah Yeyet.

Yeyet berharap semakin banyak produk Subang yang masuk Yogya. Sebab selama ini pihaknya masih membutuhkan tapi pasokan yang terbatas. “Kita masih perlu, tapi kadang dari mereka suplier yang terbatas. Misal sekarang karena Covid, produk dari Stempert (SMKN2 Subang) juga terbatas,” jelasnya.

Dengan demikian kata Yeyet, Yogya Subang pun turut andil dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Subang. “Awalnya kami sering memberikan pelatihan dan motivasi juga ke sekolah. Kemudian dibantu Dinas Perdagangan (DKUPP-red) dipertemukan dengan pelaku UMKM. Beberapa yang terpilih akhirnya bisa masuk Yogya,” sambungnya.

Seperti diketahui, SMKN 2 Subang merupakan sekolah dengan unggulan bidang pertanian. Sekolah tersebut sudah lama memproduksi produk seperti miniman nanas, sayuran dan produk lainnya.

Sedangkan Lapas Subang memberdayakan para napi dengan dilatih berkebun hidroponik. Kemudian produknya dapat dijual.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *