oleh

Puan dan Airlangga Perang Baliho di Daerah

SUBANG-Pemilihan Presiden (Pilpres) rencananya baru akan digelar pada 2024 mendatang. Meski masih lama, peningkatan popularitas sudah dilakukan partai politik untuk mengusung kader terbaiknya bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Baliho bergambar Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, bertebaran di beberapa titik di wilayah Subang termasuk di Pantura. Lalu, apakah pemasangan baliho yang ramai-ramai dipasang merupakan upaya meningkatkan popularitas di level nasional dan daerah?

Sekretaris DPC PDIP Subang Niko Rinaldo menjelaskan, sebagaimana instruksi ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, fokus partai saat ini adalah membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Jadi fokus perhatian partai sejauh ini sebagaimana instruksi dari ketua umum adalah bagaimana bersama-sama menangani Covid-19,” ucap Niko.

Saat ini, DPC Partai di seluruh Indonesia Tengah memfokuskan kegiatan pada penyiapan sejumlah agenda seperti mempersiapkan makanan Bansos dan hal-hal lain yang dapat membantu masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri. “Serta nanti pada pertengahan bulan Agustus, akan dilaksanakan kegiatan vaksin secara gotong royong,” imbuhnya.

Sementara itu terkait munculnya baliho Ketua DPR RI Puan Maharani, Niko menyebut baliho tersebut juga tidak hanya muncul di Subang namun di beberapa daerah lain di Indonesia. “Jadi kalau kita berbicara soal persiapan pilpres 2024 itu ya masih jauh ya. Dari segi partai saja kita tengah fokus ke pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Apalagi pesan yang disampaikan oleh Puan Maharani dalam beberapa baliho nya yakni pesan yang menyangkut dengan kebhinekaan serta pelaksanaan protokol kesehatan. “Sebenarnya dua pesan itu kan tidak ada yang aneh ya, dalam kapasitas Ketua DPR RI tentu beliau mengajak dalam situasi seperti ini kebhinekaan juga gotong royong harus tetap dilakukan dan selain itu juga pelaksanaan protokol kesehatan menjadi satu hal yang sangat penting,” imbuhnya.

Oleh karena itu saat ini DPC PDIP Subang juga menyerahkan pada masyarakat dan tak bisa melarang terkait dengan persepsi yang muncul. Hanya saja dari segi kebijakan partai saat ini, struktural PDIP Tengah memfokuskan pada penanganan pada Covid-19 termasuk diantaranya untuk membantu pemerintah.

Sementara itu, soal tersebarnya baliho Airlangga Hartanto, menguasai penjuru Subang, DPD Partai Golkar Kabupaten Subang, melalui Ketua DPD Partai Golkar, Elita Budiarti memberikan penjelasannya.

Elita memaparkan, baliho tersebut merupakan rencana kerja partai yang sudah direncanakan, yakni mensosialisasikan calon presiden yang sudah disepakati oleh seluruh DPD di Indonesia. “Sudah berkumpul bersama, bahwa DPD seluruh Indonesia sepakat mengusung Airlangga Hartarto sebagai presiden 2024, dan itu sudah harga mati,” jelas Elita.

Baliho merupakan media lain untuk sosialisasi, terlebih saat pandemi seperti saat ini. Disamping itu, tersebarnya baliho Airlangga di Subang diakui Elita murni sebagai insiatif dari DPD Partai Golkar Subang, sebagai upaya memperkenalkan Airlangga pada masyarakat Subang.

“Iya sudah mulai menyebar dan itu murni inisiatif dari kami sendiri, atas kebanggaan kami bahwa kami (Golkar), sudah waktunya mempunyai presiden sendiri, dan Golkar adalah partai besar maka sudah waktunya memiliki presiden sendiri yaitu Airlangga Hartanto,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya seluruh kader telah sepakat dengan keputusan yang telah disahkan dalam Musyawarah Nasional Golkar pada 2019 lalu, yakni mengusung Airlangga Hartanto sebagai Calon Presiden 2024. Airlangga jadi salah satu nama dalam bursa capres 2024. Namun, elektabilitas menteri koordinator bidang perekonomian itu masih kalah dibandingkan nama-nama seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, atau Anies Baswedan.

Golkar juga tidak bisa mengusung Airlangga sendirian. Pasalnya, perolehan suara mereka di Pemilu 2019 hanya 12,31 persen. Mereka butuh setidaknya 7,69 persen suara dari partai lain untuk mengusung calon presiden dan calon wakil presiden.(ygi/idr/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *