oleh

Suryacipta City Gelar Jaringan Fiber Optik

KARAWANG-PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Business Solutions dalam mengembangkan jaringan fiber optik di kawasan Suryacipta City of Industry, untuk mempercepat realisasi industry 4.0. Penandatanganan dilakukan oleh kedua belah pihak secara daring antara Presiden Direktur Suryacipta, Johannes Suriadjaja dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini pada hari ini tanggal 5 Agustus 2021.

Johannes Suriadjaja dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk keseriusan Suryacipta dalam mewujudkan industry 4.0 dengan menyediakan sarana digital yang mumpuni berbasis Internet of Things (IoT). “Melihat investasi dan bisnis di bidang IT yang semakin berkembang membuat kami kian bersemangat untuk merealisasikan mimpi Suryacipta City of Industry menjadi home base bagi industri IT dan data centre, sejalan dengan pengembangan digital park di fase 3 kami,” katanya.

Johannes menambahkan, tahun 2021 adalah juga merupakan tahun yang penting dimana Surya Internusa Group merayakan ulang tahun yang ke-50. Terlepas dari situasi yang menantang saat ini, Suryacipta yang merupakan bagian dari grup, turut merayakan pencapaian bersejarah ini dengan melakukan pengembangan berkelanjutan dalam memberikan layanan dan fasilitas terbaik untuk para investor dan tenant.

Dian Siswarini mengatakan, kerjasama dengan Suryacipta ini sangat strategis dan akan memberikan manfaat bisnis bagi kedua belah pihak, termasuk bagi para tenant yang sekaligus pelanggan korporasi. “Solusi bisnis berbasis teknologi digital sudah menjadi tuntutan di semua bidang industri, sehingga ketersediaan infrastruktur berupa fiber optik juga menjadi keharusan bagi setiap kawasan industri. Apalagi, Suryacipta bertekad menjadi kawasan industri berkelas dunia,” katanya.

Dian menambahkan, melalui kerjasama ini, XL Business Solutions juga akan menyediakan solusi bisnis yang meliputi kolaborasi data centre, layanan fixed connectivity (leased line, internet service, VOIP), layanan mobile connectivity (postpaid, mobile broadband, device bundling) dan layanan ICT (managed service) yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. XL Axiata juga berharap kerjasama ini bisa mendukung upaya perluasan jaringan fiber optik untuk memperkuat eksistensi bisnis data centre.

Seiring dengan arah pembangunan nasional pada digitalisasi, kerja sama ini akan memainkan peran penting dalam memberikan dampak positif percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat di 2021. Dalam kerjasama ini, jaringan fiber optik yang dikembangkan akan memiliki dua backbone, hal tersebut menjamin konektivitas tanpa batas dengan layanan low latency di seluruh area kawasan Suryacipta City of Industry seluas 1.400 Hektar.

Acara dihadiri secara daring oleh ribuan klien serta partner dari Suryacipta dan XL Axiata serta masyarakat umum lainnya. Beberapa pejabat negara pun hadir dan memberikan sambutannya diantaranya Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. dan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, S.E. Selain penandatanganan perjanjian kerjasama, acara juga diisi dengan diskusi panel bersama praktisi di bidang IT.(ddy/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *