Sempat Kosong Selama Dua Minggu, Empat Jenis Vaksin Tiba di Subang

Sempat Kosong Selama Dua Minggu, Empat Jenis Vaksin Tiba di Subang
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES KETERANGAN PERS: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi saat memberikan keterangan pers.
0 Komentar

SUBANG-Hampir dua pekan stok vaksin di Subang sempat habis. Akhirnya Subang sudah kembali mendapatkan pasokan vaksin dari pemerintah pusat. Tak tanggung-tanggung empat jenis vaksin sekaligus tiba di Subang pada Jumat (6/8) pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengungkapkan, stok vaksin yang sudah tiba di gudang UPTD Farmasi Dinkes Subang. Ada empat jenis vaksin yakni, jenis vaksin Moderna sebanyak 35.000 dosis,  Sinovac sebanyak 18.810 dosis, vaksin Astrazineca 20.000 dosis dan vaksin Sinovarm sebanyak 229 vile.

“Alhamdulillah, sekarang kita sudah mendapatkan kembali pasokan empat jenis vaksin, yakni vaksin Moderna, Sinovac, Astrazineca dan Sinovarm. Sebelumnya kita sempat kehabisan vaksin, selama dua pekan terakhir,” ujar dr. Maxi kepada media Sabtu (7/8).

Baca Juga:Hengky Kurniawan Keluhkan Penetapan Level 4Diduga Depresi, Edi Nekat Gantung Diri Menggunakan Seikat Tambang Merah yang Diikatkan Ke Ventilasi

Maxi menjelaskan, vaksin Moderna akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) untuk pemberian dosis ketiga. Kemudian untuk dosis Sinovac diberikan untuk dosis kedua dan vaksin Astrazineca untuk dosis pertama bagi yang belum divaksin sama sekali. Selanjutnya vaksin Sinovarm akan diberikan bagi kaum difabel.

Sementara itu, untuk vaksin jenis Sinovac yang berjumlah 18.810 dosis itu belum bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi dosis kedua.

“Artinya untuk dosis kedua saja masih kurang, apalagi untuk menyelesaikan target seluruh kabupaten yang berjumlah 1,25 juta yang harus kita vaksin,” jelas Maxi.

Sementara target vaksinasi di Subang, lanjut Maxi, baru tercapai 15,32 persen dari target vaksinasi Kabupaten Subang.

“Dari total target vaksinasi kita baru tercapai 15,32 persen. Artinya, masih 84,68 persen lagi yang harus kita vaksin,” tandasnya.(idr/ysp)

Vaksin Tiba di Subang

  1. Moderna 35.000 dosis
  2. Sinovac 18.810 dosis
  3. Astrazineca 20.000 dosis
  4. Sinovarm 229 vile
0 Komentar