oleh

Kinerja Positif, 5 BUMD di Subang Diprediksi Setor PAD Rp19 M

SUBANG-Di tengah pandemi dengan anggaran terbatas, BUMD didorong untuk berkontribusi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam pertemuan evaluasi BUMD semester 1 tahun 2021, lima BUMD Subang menyanggupi untuk menyetor PAD di akhir tahun 2021.

Dari 5 BUMD milik Pemkab Subang, di tahun 2020 lalu BUMD PT Subang Energi Abadi (SEA) misalnya, belum mampu menyetor PAD. Sedangkan di tahun ini direksi SEA menyanggupi untuk menyetor PAD. Meski belum berani mematok angka pasti, mereka berkomitmen memberikan PAD di kisaran Rp200 jutaan.

Direksi meyakini hal tersebut karena kinerja perusahaan tahun 2021 sudah membaik. Dari sebelumnya dalam kondisi merugi, di semester 1 tahun ini sudah mendapat laba. Di bawah direksi yang baru, sejumlah unit bisnis yang dijalankan SEA sudah membuahkan hasil. Bahkan kini tengah merencanakan pengembangan usaha lainnya.

Besaran PAD dari SEA tidak jauh berbeda dengan BPR KU. Yakni di angka Rp200 jutaan. Meski mengalami kesulitan dalam penagihan, mereka menyanggupi untuk setor PAD di akhir tahun. Juga menyanggupi untuk menekan kredit macet di ambang batas normal.

Dari sektor usaha jasa keuangan, optimisme juga disampaikan Bank Subang. Di tahun 2020 lalu berhasil menyetor PAD untuk Subang sebesar Rp13 miliar. Menjadikannya sebagai BUMD dengan penyetor PAD terbesar.

Direktur Utama Bank Subang Anton mengkui, target perolehan laba hingga Juni 2021 memang mengalami penurunan. Disebabkan oleh ‘perang’ bunga kredit dengan bank kompetitor dan dampak pandemi yang menyebabkan kesulitan dalam penagihan. Tapi masih dalam batas normal.

Kenaikan PAD pun dijanjikan oleh manajemen Perumda PDAM Tirta Rangga. Di tahun lalu BUMD menyetor PAD hampir Rp1 miliar. Maka untuk tahun ini, Dirut PDAM Suryana menyatakan optimis bisa menyetor PAD di kisaran Rp1,5 miliar.

Angka tersebut diyakini karena ada rencana kenaikan tarif untuk mitra PDAM dan subsidi program MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). Dalam evaluasi tersebut juga disampaikan rencana kerjasama untuk mensupply kebutuhan air bersih ke Pelabuhan Patimban.

Bahkan dalam business plan PDAM juga menetapkan kenaikan pelanggan dalam 5 tahun ke depan sebanyak 65 ribu pelanggan baru. Hal ini akan menjadi PR manajemen PDAM selanjutnya. Sebab masa jabatan direksi PDAM sudah habis dan akan diganti dalam waktu dekat.

Tak kalah optimis, BUMD PT Subang Sejahtera (SS) di bawah direksi yang baru menyodorkan banyak skema program baru. Selain pendapatan tetap dari participation interest (PI) Pertamina ONWJ, SS juga akan memiliki terobosan bisnis jangka panjang.

Di antaranya kepemilikan 5 persen saham dalam pengelolaan jalan tol Cipendeuy-Pelabuhan Patimban dan pengelolaan lahan 5 hektare di area Pelabuhan Patimban. Tidak hanya itu, SS juga bermitra dengan BUMN Perindo untuk penjualan pakan ikan.

Dalam hitungan sementara, SS diproyeksikan akan mampu menyetorkan PAD di kisaran Rp4,5 miliaran untuk tahun 2021. Menjadikannya sebagai BUMD penyetor PAD kedua terbesar.

Mengacu pada laporan BUMD tersebut, secara keseluruhan Pemda Subang diprediksi akan menerima setoran PAD sekitar Rp19 miliar untuk tahun 2021.

Bupati Subang H Ruhimat dalam arahannya meminta agar BUMD menjalankan perannya sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam pelayanan masyarakat. Sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi sesuai bidangnya masing-masing.

“BUMD harus memberikan kontribusi kepada pemerintah melalui PAD. Menjadi pemain lokal dan berperan aktif dalam pembangunan Subang. Bisa bekerjasama dengan BUMN sekaligus antar BUMD. Memaksimalkan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan bekerjasama dengan pihak swasta,” papar Ruhimat.

Ia pun berterimakasih atas kerja keras direksi BUMD. Kang Jimat juga menekankan bahwa kerja keras pemerintah dan BUMD semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. Bukan untuk diri sendiri.(red)

Prediksi Setoran PAD BUMD Tahun 2021

Bank Subang     Rp13 miliar

PT SS           Rp 4,5 miliar

PDAM       Rp 1,5 miliar

PT SEA          Rp 200 juta

BPR KU          Rp 200 juta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *