oleh

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

Belajar Cara Menyetir Mobil

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula. Cara menyetir mobil yang baik dan benar tentu saja dibutuhkan pada masa sekarang ini, Sebab, selain pertumbuhan pesat kendaraan roda dua, diimbangi juga dengan pertumbuhan perkembangan mobil yang kian hari kian berkembang.

Banyak masyarakat yang seakan berlomba – lomba membeli mobil, terlepas dari dibutuhkan sebagai fungsional atau tidak, mobil tetap dibutuhkan untuk mempercantik garasi rumah pemiliknya.

Well, jangan sampai ingin memiliki mobil tetapi belum bisa mengemudikan mobil ya. Jika ingin membeli mobil, sebaiknya belajar cara menyetir mobil agar cepat lancar bagi pemula ini, agar ketika sudah membeli mobil, sudah siap menggunakannya sendiri, tanpa sewa supir. Terkecuali emang mau sewa supir di tiap harinya.

Berikut Cara Menyetir Mobil Manual Cepat Lancar Untuk Pemula

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula
Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

1. Beli mobil atau ikut kursus mengemudi

2. Buka Pintu dan Masuk ke Dalam Mobil

3. Duduk di Jok Kanan Depan dimana tempat Stir mobil berada

4. Duduk dengan tenang dan nyaman

5. Biarkan Badan seolah beradaptasi dengan Mobil selama kurang lebih 3-5 menit. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengenali karakter mobil yang akan kita bawa

6. Jika sudah merasa beradaptasi dengan mobil, Nyalakan mesin

7. Ketika menyalakan mesin, jangan lupa injak rem kaki, rem tangan pastikan masih di atas dan persneling dalam kondisi Netral yaitu ditengah

*Cara mengetahui persneling netral, selain melihat huruf yang ada di persneling, juga bisa melakukan agak sedikit menggoyangkan tuas persneling, jika agak longgar dan posisi tuas berada di tengah, berarti sedag Netral

8. Injak rem yang berada di tengah dengan kaki kanan

9. Nyalakan mesin

10. Kaki kiri injak kopling yang ada di sebelah kiri bawah sampin rem

11. Masukkan persneling 1 sambil kopling masih ditahan

12. Pindahkan kaki kanan yang tadinya di rem, ke gas paling kanan

13. Injak gas perlahan sampai stabil

14. Setelah stabil, tetap gas sambil berbarengan mengangkat kopling perlahan, jangan langsung dilepaskan

15. setelah jalan normal beberapa meter, dan mesin terasa enak, lepas kopling perlahan dan tetap gas stabil

16 Jika merasa mobil sudah menggerung, silahkan masukkan gigi 2 dengan menarik tuas ke belakang (tergantung arah persneling tiap mobil) dengan mengulangi seperti cara dari nomor 10 sampai 15.

17. Tetap tenang dan jangan panik

18, Jika mobil memiliki sensor, sebaikya dinyalakan ketika belajar, agar tahu kanan dan kiri mepet atau tidak

19. Sebaiknya nyalakan lampu hazard, agar orang di belakang kita tahu bahwa kita sedang belajar dan supaya menjaga jarak.

20. Untuk belajar parkir, mundur dan lainnya, dilakukan di pelajaran selanjutnya setelah berulag-ulang memahami pemindahan persneling, koplig gas dan rem serta stir sudah memahami.

21. Harus lebih rutin dan teratur belajar agar cepat menguasai, tapi tenang saja, di awal memang terkesan belum faham hal ini dan itu, namun jika sering menjalankan mobil dengan tutorial yang benar, In Sha Allah akan bisa memahami dan urusan parkir, tanjakan, mundur dan sebagainya biasanya mengikuti.

Cara tersebut di atas harus diakukan dengan pengawasan instruktur di tempat kursus mengemudi atau jika menggunakan mobil pribadi untuk belajar, haruslah dipandu seserang yang sudah lancar menyetir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *