oleh

Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri, Jangan Lupakan

Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri, Jangan Lupakan. Bagi pasangan suami istri, baik yang baru menikah atau pun yang sudah lama menjalani biduk rumah tangga, tentu saja melakukan salah satu ibadah, berhubungan suami istri adalah perlu dilakukan secara teratur.

Selain dengan teratur agar rumah tangga harmonis, seperti Rahasia dan Cara Memuaskan Istri dari Awal Hingga Akhir agar Rumah Tangga Harmonis, maka perlu juga dilaksanakan adab-adab / amalan sunnah sebelum melakukan ibadah berdua tersebut.

Sebab, berhubungan suami istri bagi pasangan halal, tidak hanya sekedar hubungan fisik, namun lebih juga kepada ibadah.

Terdapat sejumlah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukannya

Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri, Jangan Lupakan

  • Membersihkan Diri (Mandi)
  • Berhias Diri
  • Menggunakan Wewangian
Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri
Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri

Seperti Sabda Rasulullah SAW dalam riwayat Muslim:

Telah ditetapkan (oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) kepada kami agar mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan serta tidak membiarkannya lebih dari 40 malam”. (HR Muslim)

  • Amalan Sunnah sebelum Memasuki Kamar (pengantin)

Memasuki kamar dengan kaki kanan, membaca Bismillah, dan mengucap Shalawat kepada Rasulullah S.A.W., Kemudian mengucap Salam.

Kemudian:

  • Shalat Sunnah

Dianjurkan shalat sunnah 2 rakaat sebelum berhubungan suami istri.  Lalu berdo’a

‘اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْ
Artinya: “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan kepada istriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rezeki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah kami (berdua) dalam kebaikan.”
Lalu, membaca Surah al-Fatihah 3X dan Surah al-Ikhlash 3X.
Kemudian, bershalawat 3x dilanjurkan dengan Berdo’a kepada Allah S.W.T . berharap supaya orang-orang dapat bergaul dengan baik kepadanya dan terus mencintainya, (Do’a seperti di atas setelah shalat sunnah 2 raka’at)
  • Mencium Kening Istri setelah Shalat

Dianjurkan seorang suami duduk di samping istri, menatap wajahnya seraya mengucapkan salam, sambil meletakkan tangannya di atas kening istri sembari menciumnya dan berdoa:

اللهم إني أسألك خيرها وخير ما جبلتها عليه، وأعوذ بك من شرها وشرّ ما جبلتها عليه.

 “Ya Allah, sungguh saya bermohon kebaikannya dan kebaikan yang engkau fitrahkan padanya. Dan aku berlindung dari kejelekannya, dan kejelekan yang engkau fitrahkan kepadanya

  • Sebelum berhubungan, Mulai dengan Do’a
Do’a Sebelum Hubungan Suami Istri bisa diklik di link ini: Do’a Agar Tahan Lama dan Kuat saat Berhubungan Suami Istri.
  • Hindari Berhubungan Intim Saat Istri sedang Haid
Seperti yang terdapat dalam Surah AL-Baqarah Ayat 222:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”
Wallahhu a’lam.
(/Juni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *